Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang membuka kegiatan Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) III PGRI Kalimantan Barat Tahun 2022 masa bhakti XXII Tahun 2019 – 2024 di Ballroom Hotel Mahkota, Selasa (15/3/2022). Kegiatan yang dilangsungkan selama 3 (tiga) hari ini pada 15 – 17 Maret 2022 ini diikuti oleh 100 peserta.

“Selaku Wali Kota Singkawang, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus PGRI yang hadir saat ini. Walaupun masih dalam kondisi pandemi, saya minta agar para peserta tetap komitmen untuk menciptakan inovasi dan produk yang berkualitas untuk kemajuan pendidikan,” ujar Wali Kota Tjhai Chui Mie.

Tjhai Chui Mie berharap melalui Konkerprof ini akan muncul terobosan, ide dan sasaran dari seluruh unsur pengurus PGRI mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat untuk kemajuan pendidikan di Kalimantan Barat.

Ia mengungkapkan akan pentingnya profesi guru pada kemajuan pendidikan di suatu daerah. Ia menilai kehadiran guru tidak hanya sebatas memberikan ilmu saja, namun juga membentuk karakter anak didik di sekolah.

“Untuk mendapatkan SDM yang unggul, dasarnya dari proses pembelajaran kepada para murid. Maka dari itu, peran dan kehadiran guru ini sangat penting sekali. Dimana di dalam diri SDM yang unggul ini juga tidak hanya dibekali dari segi ilmu saja. Para murid diajar dan dibentuk untuk berperilaku baik kepada semua orang, sehingga ketika dewasa nanti mereka menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan mengedepan nilai-nilai moral yang baik,” ungkapnya.

“Maka, saya selaku kepala daerah selalu menekankan prinsip bahwa pemerintah sebagai mitra bagi para guru harus bisa memperhatikan kebutuhan para guru dalam mendukung setiap program pendidikan yang ada. Tentu, hal ini dilakukan untuk menumbuhkan kemajuan-kemajuan pendidikan, khususnya di Kota Singkawang. Jadi, negara Indonesia akan menjadi negara yang tangguh dimana kedepannya SDM-SDM tangguh ini berperan generasi penerus bangsa yang turut andil dalam setiap pembangunan yang ada,” tambahnya.

Mengangkat tema “Guru Menolak Menyerah Karena Corona”, kegiatan ini juga turut diikuti langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Ketua Pengurus PGRI Provinsi Kalbar, Ketua Korwil PB PGRI Provinsi Kalbar, Kacab Bank Kalbar Singkawang, Kepala Disdikbud Kota Singkawang, Kakan Kemenag Kota Singkawang dan diikuti secara virtual oleh Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik