Singkawang, MC – SMA Negeri 3 Kota Singkawang menggelar Grada Pasmanti Competition pada tanggal 10-11 November 2023 di Halaman SMAN 3 Singkawang.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Paskibra SMAN 3 (Pasmanti) ke-30 dan diikuti 11 SMA/SMK dan 9 SMP se-Kalimantan Barat.

Tepat di moment peringatan Hari Pahlawan Nasional, Pj. Wali Kota menilai semangat para pahlawan yang pantang lelah dan menyerah benar-benar tercermin pada diri seluruh peserta yang mengikuti kompetisi yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu.

Event kebanggaan insan Paskibra di Kalbar ini, diharapkannya mampu menjadi kebanggaan bagi seluruh peserta dan sekaligus pemupuk nilai persatuan dan kesatuan.

“Semangat pahlawan yang pantang lelah dan menyerah benar-benar tampak pada diri seluruh peserta. Event tahunan di SMAN 3 ini, harus jadi bagian kebanggaan adek-adek Paskibra kita, dan jadikan ajang ini sebagai penguat nilai-nilai persatuan dan kesatuan, yang harus dipupuk dari sejak dini,” ujarnya.

“Pendidikan tidak hanya membawa siswa memiliki kemampuan intelektual semata, lebih dari itu, penguatan terhadap nilai kolektif seperti membangun kerja sama dan relationship, sangat mungkin didapatkan siswa melalui event ini,” tambahnya.

Selain untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, Sumastro juga menyebut Paskibra juga terbukti mampu memberi bekal kemampuan fisik dan mental, sehingga siswa memiliki ketahanan dalam segala medan dan cuaca.

Hal itu terbukti dengan tetap terjaganya kerapian dan kedisiplinan peserta dalam barisannya, meski berada dibawah terik sinar matahari.

“Tingkatkan terus disiplin kalian, belajarlah sungguh-sungguh, niscaya kalian nantinya akan menjadi generasi yang siap bersaing menghadapi tantangan global,” tutupnya.

Bid. IKP