Singkawang, MC – Di era zaman revolusi 4.0 saat ini, internet menjadi kebutuhan yang penting bagi dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan internet, informasi bisa didapat baik dalam sisi positif dan sisi negatif.

Agar masyarakat paham akan penggunaan internet yang baik, Dinas Kominfo Kota Singkawang bekerjasama dengan Balai Besar Peningkatan SDM dan Penelian (BBPSDMP) Kominfo Medan dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Singkawang  melaksanakan Pelatihan Internet Sehat dan Produktif  bagi para kaum ibu – ibu yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto mengatakan dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terkait dengan pemanfaatan IT telah dilaksanakan perjanjian dan kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui BBPSDMP Kominfo Medan dengan pemerintah Kota Singkawang delapan jenis pelatihan dengan sasaran lima ribu orang peserta, dan salah satu diantaranya adalan Pelatihan Pengenalan IT dan Internet Sehat.

“Pengenalan teknologi informasi dan komunikasi bagi kaum ibu, merupakan implementasi dan tugas pokok dan fungsi BBPSDMP Kominfo medan selaku Unit Pelaksana Teknik (UPT) dari Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo yang bertujuan untuk memberikan pemahaman literasi digital dasar kepada masyarakat yang merupakan salah satu dari tiga program prioritas pengembangan SDM Kementrian Kominfo yakni basic digital skill, intermediate digital skill dan advance digital skill,” jelas Irbar, Kamis (10/2/2022).

Teknologi digital hadir dan berkembang dengan sangat cepat memaksa kita untuk dapat beradaptasi dengan cepat pula. Kematangan dalam berdigital menjadi salah satu kunci keberhasilan di era saat ini. Kaum wanita, khususnya para ibu – ibu di lingkungan rumah tangga menjadi salah satu pihak yang memiliki peran strategis dalam mengawal keberhasilan teknologi oleh generasi muda.

Sementara, Plh. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang sekaligus Ketua GOW Istri handayani mengungkapkan  kegiatan ini adalah anugerah bagi kami pengurus GOW Kota Singkawang karena saat ini sudah saatnya semua anggota GOW Kota Singkawang wajib melek TI.

“Apalagi di masa pandemic ini tI bukan lagi menjadi suatu hal yang mewah namun sudah menjadi sutu kebutuhan dan keharusan untuk tahu bagi kaum emak-emak, gimana tidak? Untuk dapat menjadi pendamping bagi putra putrinya maka seorang ibu dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan dan perubahan arus teknologi,” ujarnya.

Istri juga menyampaikan pemanfaatan internet sehat pada dasarnya untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat seputar informasi yang mengandung nilai edukasi maupun untuk kebutuhan sehari-hari dalam pemanfaatan penggunaan internet sehat dan produktif.

“Dengan dilaksanakan pelatihan ini, saya berharap para kaum ibu bertambah wawasannya tentang internet sehat yang dapat berguna untuk mengawasi tumbuh kembang anak dalam penggunaan internet. Serta menambah pengetahuannya tentang internet yang produktif yang bermanfaat bagi para kaum ibu untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Tuty salah satu peserta Pelatihan mengungkapkan kebahagiaannya dengan pelatihan ini akhirnya dia merasa mendapat ilmu tambahan yang sangat bermanfaat bagi penunjang usahanya.

“Alhamdulillah selain mendapatkan informasi terkait dengan Internet Sehat, Instruktur juga mengajarkan kepada kami bagaimana cara membuat desain promosi yang menarik, bagaimana cara membuka took melalui online, bagaimana mengembangkan usaha melalui online” kata Tuty.

Peserta terlihat antusias ketika Instruktur Fahry menyampaikan bagaimana cara membuat desain promosi melalui aplikasi Canva.