Singkawang, MC – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang menerima kunjungan kerja rombongan Dinas Kominfo Kabupaten Kayong Utara (KKU) di Aula Diskominfo Singkawang, kamis (17/11/2022).

“Tentu, kami sangat menyambut baik kedatangan rombongan Diskominfo Singkawang. Kunjungan ini sangat berarti dalam membangun silaturahmi dan integrasi antara Diskominfo se-Kalimantan Barat. Melalui momen ini, bersama-sama kita manfaatkan untuk saling berbagi dan bertukar informasi. Jadi, kita saling mengisi satu sama lain,” ujar Evan Ernanda, Kepala Dinas Kominfo Kota Singkawang.

“Saya percaya setiap instansi Diskominfo di berbagai daerah memiliki kelebihan-kelebihan yang menjadi unggulan masing-masing. Nah kelebihan masing-masing inilah yang saling kita terapkan di instansi masing-masing. Tujuannya supaya dapat menemukan solusi ataupun jalan keluar dalam mencapai kebutuhan masing-masing instansi. Arahnya cuman satu yaitu meningkatkan pelayanan publik agar semakin maksimal dan optimal,” tambahnya.

Di lain kesempatan, lanjut Evan, pihaknya akan mengagendakan kunjungan balasan untuk melihat dan mempelajari kelebihan-kelebihan yang dimiliki Diskominfo Kabupaten Kayong Utara. Ia menilai bentuk kunjungan balasan merupakan bentuk dan upaya Diskominfo Singkawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kayong Utara Ronny Iswandi mengatakan kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk menjalin tali silaturahmi dan berbagi informasi. Ia menilai pertukaran informasi ini menjadi bahan referensi yang membangun dan mengembangkan tugas pokok dan fungsi kedinasan.

“Selain menjalin silaturahmi, maksud kami berkunjung adalah untuk menyerap informasi-informasi seputar kegiatan Diskominfo Singkawang sebagai bahan referensi kami. Tujuannya agar apa yang kami pelajari ini bisa kami tiru dan terapkan juga di Kabupaten Kayong Utara,” ujarnya.

“Pertama, mengenai infrastruktur-infrastruktur yang dikelola oleh Diskominfo Singkawang, seperti ruang Telematics Control Management dan Media Center Kota Singkawang. Kedua, mempelajari implementasi Satu Data Indonesia (SDI) yang telah diterapkan Diskominfo Singkawang,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Diskominfo Singkawang juga memaparkan informasi seputar optimalisasi media sosial sebagai media promosi program pemerintah. Kemudian di sela-sela kunjungan, rombongan Diskominfo Kabupaten Kayong Utara juga berkesempatan untuk melihat ruangan server, perangkat media center dan fasilitas ruang Telematics Control Management.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik