Singkawang, MC – Pasca peninjauan stok dan harga bahan pangan yang beredar di Kota Singkawang, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdaginkop UKM) Muslimin memberikan himbauan kepada para distributor dan agen bahan pangan untuk melancarkan peredaran distribusi bahan pangan di Kota Singkawang.

Bukan tanpa sebab, Ia menilai umumnya ketika menjelang hari besar keagamaan berlangsung dapat dipastikan terjadi kenaikan harga bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat. Ia meminta agar kenaikan harga ini menjadi perhatian para distribustor dan agen.

“Dimohon kepada para distributor dan agen untuk memberikan kelancaran dan kemudahan kepada konsumen. Terutama terkait harga barang menjelang Natal dan Tahun Baru, kebutuhan masyarakat pasti akan meningkat. Maka dari itu, mohon menjadi perhatian untuk memberikan kenaikan harga bahan pokok yang sewajarnya,” ujar Muslimin, Jumat (9/12/2022).

Di sisi lainnya, Muslimin pun juga mengingatkan masyarakat untuk tidak mengindahkan panic buying dengan menimbun stok bahan pangan lantaran kenaikan harga pada beberapa bahan pokok. Ia menegaskan menimbun bahan pokok dalam jumlah banyak dapat menyebabkan keterbatasan ketersediaan stok bahan pangan di pasaran. Pasalnya, Ia menjamin ketersediaan bahan pokok hingga beberapa bulan mendatang masih tersedia dan dalam batas aman.

“Mohon juga kepada para konsumen untuk lebih cerdas saat membeli bahan-bahan pokok yang diperlukan. Cukup dengan yang menjadi kebutuhan saja itulah yang dibeli. Supaya setiap masyarakat dapat menjawab kebutuhan rumah tangga masing-masing secara adil dan merata,” ujarnya.

Bidang Infomasi dan Komunikasi Publik