Singkawang, MC – Dalam menerapkan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan dan KB (Dinkes) Kota Singkawang telah melakukan Survei Akreditasi Puskesmas. Salah satunya adalah Puskesmas Singkawang Utara I.

Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang, Antin Suprihatin mengatakan, akreditasi Puskesmas merupakan proses penilaian eksternal oleh lembaga akreditasi independen terhadap Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FPKTP), apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

“Akreditasi ini, bukan hanya untuk menilai sistem mutu dan sistem pelayanan di Puskesmas dan FPKTP lainnya, tetapi juga bertujuan untuk membina fasilitas pelayanan kesehatan tersebut dalam upaya berkelanjutan untuk memperbaiki sistem pelayanan dan kinerja yang berfokus pada kebutuhan masyarakat, keselamatan dan manajemen risiko,” katanya, Minggu (22/9/2019).

Dikatakan Antin, untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat oleh Puskesmas Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) telah dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja.

Upaya tersebut di antaranya pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan upaya-upaya kesehatan.

“Akreditasi puskesmas ini adalah program besar nasional dari peningkatan kualitas upaya pelayanan kesehatan dalam hal membenahi kinerja penyelenggaraan upaya kesehatan primer,” jelas Antin.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Kesra Setda Kota Singkawang, Hendrian mengungkapkan, penilaian akreditasi puskesmas dinilai penting untuk dilakukan agar mutu dan kualitas pelayanan dapat diintegrasikan dan dibudayakan dalam pelayanan di puskesmas.

Disamping itu, lanjut Hendrian penilaian akreditasi juga dapat memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan  sehingga terbina Puskesmas dengan pelayanan, mutu dan kinerja yang baik.

“Saya yakin UPT Puskesmas terus berkomitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan mutu pelayanan,” kata Hendrian.

MC. Kota Singkawang