Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang bekerjasama dengan BBPSDMP Kominfo Medan menyelenggarakan program Digital Enterpreneurship Academy (DEA) 101 Batch 5. Kegiatan selama dua hari tersebut dilaksanakan di Ballroom Hotel Swiss-Bellin Singkawang, Jumat (25/03/22)

Sebanyak 80 peserta mengikuti program pelatihan yang materinya disampaikan secara langsung dari para ahli dalam bidang digital marketing. Peserta diwajibkan melakukan swab test antigen dan dibagi ke dalam dua ruangan karena mempertimbangkan protokol kesehatan demi keamanan dan kesehatan bersama.

Kegiatan dengan tema “Dasar – Dasar Kewirausahaan Digital” bertujuan menumbuhkan serta meningkatkan skill digital bagi para entrepreneur Kota Singkawang sehingga memiliki peluang yang lebih besar untuk dapat mengembangkan bisnis, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan daerah.

Dalam praktiknya, para peserta dinilai sangat antusias dalam kegiatan pelatihan yang diisi dengan materi seputar dunia digital marketing seperti pengenalan fitur dan platform digital marketing, pembuatan dan design content, copy writing, promoting, legalitas izin usaha, manajemen hubungan pelanggan, hingga praktik pengaplikasian digital marketing dalam berwirausaha.

“Peserta sangat antusias, mereka sudah bisa menciptakan konten berbasis digital seperti foto, video dan sedikit menerapkan cara berdigital marketing,” Jelas Darwis Sirait, Mentor Pelatihan DEA 101.

Darwis berharap untuk keberlangsungan kegiatan pelatihan DEA dapat terus berlanjut dan memberikan pelatihan ke lebih banyak orang lagi. Ia juga berharap, para peserta yang telah mengikuti kegiatan kedepannya bisa mandiri dalam menerapkan digital marketing sehingga UMKM dapat kembali pulih dan bangkit bersama.

Peserta kegiatan turut merasakan manfaat dari kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah ini. Mereka berharap, ilmu digital marketing yang telah diterima dapat diaplikasikan sehingga dapat mendukung dan usaha menjadi lebih berkembang dengan cara yang efektif dan efisien.

“Saya mendapat banyak pembelajaran mengenai promosi dalam digital, semoga ilmu yang saya dapat bisa saya aplikasikan untuk bisa menyupport usaha saya di bidang digital tersebut” papar Benny, peserta sekaligus pemilik UMKM Kuliner Dapur Dhajusha.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik