Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie didampingi Kepala Dinas PUPR, Ketua DPRD dan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang memantau pekerjaan perbaikan drainase yang tersumbat di beberapa titik di Kota Singkawang, Minggu (5/7/2020).

Tak tanggung-tanggung, Wali Kota Singkawang juga turun langsung untuk membersihkan drainase yang tersumbat tepatnya di Jalan Alianyang (Depan Kantor PLN atau Bulog), Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

“Pemantauan dan perbaikan drainase yang tersumbat ini bertujuan agar tidak selalu menjadi genangan air mengingat kota Singkawang memasuki musim penghujan,” kata Tjhai Chui Mie. 

Sehingga dilakukanlah perbaikan drainase seperti di jalan Alianyang tepatnya di depan Kantor PLN atau Bulog. 

“Drainase ini tersumbat, lantaran banyaknya akar-akar pohon sehingga membuat drainase tersumbat,” ujarnya.

Dia mengatakan, mengantisipasi genangan air yang akan terjad, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang.

“Mulai kemarin sampai hari ini dan seterusnya kita akan terus melakukan pemantauan dan perbaikan drainase yang ada di Kota Singkawang. Dan kita akan libatkan TNI-Polri, Dinas Kebersihan Dan PUPR Kota Singkawang,” ungkapnya.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk ikut menjaga dan membersihkan drainase di lingkungannya masing-masing agar arus air menjadi lancar.

“Jika drainase yang ada di tempat tinggalnya sudah mulai tersumbat akibat sampah atau lainnya segera dibersihkan,” pintanya. 

Kepala UPT Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Singkawang, Rustam Effendy mengatakan, drainase tersumbat karena akar dari salah satu pohon palem menutup saluran. 

“Sehingga apabila hujan lebat, Jalan Alianyang menjadi tergenang air,” katanya. 

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Singkawang langsung ke lokasi untuk melakukan perbaikan dan ikut membersihkan saluran tersebut.