Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang bersama Kapolres, Dandim 1202 Singkawang dan Satgas Penanganan Covid-19 Singkawang meninjau suasana malam menyambut Hari Raya Idulfiri 1442 H, Rabu (12/5/2021) malan.

Peninjauan kali ini tidak seperti biasanya. Peninjauan dilakukan dengan menggunakan sepeda motor bersama tim patroli motor Polres dan Kodim Singkawang.

Momen malam takbiran di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung terasa tak jauh berbeda. Gemerlap malam takbiran menghiasi kota Singkawang. Suasana ini pun disambut hangat oleh warga dalam menyambut hari kemenangan, setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa.

Gema suara takbir terdengar menyelimuti malam di kota Singkawang. Tradisi merayakan malam takbiran dengan memainkan bedug membuat hiasan bernuansa Islam di kota Singkawang terlihat elok dan rupawan.

Diawali dari kantor Wali Kota, tepat jam 10 malam rombongan menuju ke depan Masjid Raya. Disana rombongan menyaksikan langsung suasana takbiran di Masjid Raya Singkawang. Wali Kota dan Rombongan berkesempatan pula memukul beduk bersama para remaja Masjid Raya Singkawang.

Usai memukul beduk Wali Kota dan rombongan melanjutkan pemantauan ke setiap pelaku usaha warkop dan care di sekitar pekong pasar. Tjhai Chui Mie juga membagikan masker kepada pengunjung yang kedapatan tak menggunakan masker.

Wali Kota Singkawang selaku Ketua Satgas COVID-19 kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berpesan kepada masyarakat dan pelaku usaha agar tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi jam operasional yang telah ditetapkan pada PPKM berbasis Mikro.

“Malam ini, saya bersama Forkopimda bersama jajaran memonitoring kegiatan masyarakat pada malam takbiran kota Singkawang. Sekaligus, membagikan masker kepada masyarakat dan meninjau jam operasional warung kopi, cafe, pedagang kaki lima. Hal ini dilakukan sebagai wujud peran Satgas COVID-19 kota Singkawang dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.” kata Tjhai Chui Mie.

Ia juga meminta kerjasama masyarakat untuk mematuhi Surat Keputusan Wali Kota Singkawang dan tetap bersabar dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Ayo, masyarakat kota Singkawang bersama-sama putuskan mata rantai penyebaran COVID-19. Ciptakan zona hijau. Tidak lupa, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 H dan semoga dalam menyambut hari kemenangan ini kita semua selalu diberikan perlindungan.” Ujarnya.

Beberapa personil Kodim 1202, Polres Singkawang, Satpol PP dan Dishub dengan humanis meminta kepada pengunjung untuk segera kembali kerumah, mengingat batas jam operasional yang ditetapkan saat PPKM mikro telah lewat. Tak ayal, pengunjung pun bergegas meninggalkan cafe dan warkop tempatnya bersantai.

Tak berapa lama, Wali Kota dan rombongan melanjutkan peninjauan ke arah Jalan Diponegoro, Jalan Tani, Jalan Yohana Godang, Terminal Pontianak dan halaman mess daerah. Kegiatan peninjauan berakhir sekitar pukul 23.30 wib.