Singkawang, MC – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Melawi beserta rombongan berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika kota Singkawang, kamis (11/11/2021). Agenda kunjungan ini dilakukan dalam rangka berkoordinasi terkait infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Singkawang.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Melawi Alenius Deraup mengatakan Dinas Kominfo Kabupaten Melawi baru berdiri pada tahun 2020 lalu. Ia menambahkan secara operasional Diskominfo Kabupaten Melawi mulai bergerak pada Agustus 2021 ini.

“Secara regulasi, Dinas Kominfo Kabupaten Melawi baru berdiri pada tahun 2020 lalu. Pada Agustus 2021, Dinas ini sudah mulai beroperasi. Jadi, masih sangat muda selayaknya bayi. Oleh karena itu, kami ingin meletakkan fondasi dan berkembang mengikuti jejak yang sudah dilakukan oleh Diskominfo Singkawang seperti sekarang ini.” ujarnya.

Ia mengatakan banyak hal yang dapat diadopsi terkait infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kota Singkawang. Pada tahap selanjutnya, Ia mengatakan akan kembali berkoordinasi terkait tata kelola telekomunikasi di kota Singkawang.

“Pada pertemuan ini, terkait infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan kami pelajari dan nantinya akan coba kami kembangkan di Kabupaten Melawi. Kedepannya, kami akan kembali berkoordinasi terkait tata kelola telekomunikasi di kota Singkawang. Karena saya menilai apa yang sudah dilakukan Dinas Kominfo kota Singkawang ini sudah baik sekali.” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Singkawang Evan Ernanda menyambut baik kunjungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Melawi beserta rombongan.

“Alhamdulillah, Diskominfo kota Singkawang dipilih sebagai tujuan untuk studi banding. Sebagai sesama insan Kominfo, pastinya kita akan saling mendukung. Semoga melalui pertemuan ini bisa mendukung dalam tahap penerapannya dan tahap pengembangannya dapat berjalan dengan lancar.” ujarnya.

Adapun hal-hal yang menjadi kebutuhan Diskominfo Kabupaten Melawi, antara lain terkait konsep regulasi yang didukung oleh pimpinan daerah, pemetaan proses digitalisasi, dan lain-lain.

“Banyak hal yang harus dilakukan dan membutuhkan komitmen dan dukungan dari pimpinan daerah. Pada pertemuan tadi Diskominfo Kabupaten Melawi harus memikirkan infrastruktur, tata kelola aplikasi, tata kelola data dan informasi, kebijakan umum tentang e-government, kelembagaan dan SDM TIK yang bertalenta digital.” ujarnya.

Selain itu, mereka perlu juga untuk menyesuaikan dengan arsitektur keamanan sistem, data dan informasi. Dan tentunya, mereka juga harus segera membangun regulasi sistem yang berbasis elektronik.

“Sebelumnya, mereka harus segera membangun infrastruktur dasar jaringan internet dan aplikasi-aplikasi lainnya. Saya percaya kedepannya Dinas kominfo Kabupaten Melawi akan berkembang dengan adanya langkah-langkah dan inovasi-inovasi yang ada.” Ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik