Singkawang, MC – Sebanyak 300 paket bantuan sosial (Bansos) berisi bahan pangan dalam rangka pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi diserahkan kepada masyarakat di 3 (tiga) Kecamatan di Kota Singkawang. Kali ini penyerahan paket bansos dilakukan di Kecamatan Singkawang Utara, Kecamatan Singkawang Timur dan Kecamatan Singkawang Tengah.

Paket yang dibagikan oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji secara gratis tersebut berisikan beras 5 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng kemasan 2 liter, mie instan 10 bungkus dan 1/4 kg bawang putih.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sutarmidji juga mengingatkan masyarakat terkait peranan pendidikan yang menjadi dasar pembangunan suatu daerah. Di era yang semakin maju ini, Ia mengimbau agar masyarakat harus lebih melek terhadap perkembangan teknologi dan digitalisasi untuk menunjang usaha.

“Saya mengingatkan kembali kepada bapak-ibu jangan sampai ada anaknya yang putus sekolah. Pemerintah memberikan bantuan sekolah gratis pendidikan sampai tingkat SMA. Mulai dari biaya sekolah, pakaian, topi, sepatu dan lainnya itu gratis,” ujar Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Barat dalam sambutannya di Aula Kecamatan Singkawang Tengah, Jumat (7/10/2022).

Ia menambahkan adapula pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi. Hal ini dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk meniadakan alasan bagi anak-anak sekolah untuk memutuskan putus sekolah karena alasan biaya sekolah dan segala kebutuhannya.

“Selain itu, pastikan diri kita dan keluarga kita terdaftar pada BPJS. Jangan tunggu sakit baru diurus segala berkasnya. Kalau tidak mampu, sampaikan kepada pemerintah supaya bisa mendapat bantuan kesehatan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kota Singkawang Sumastro memberikan ucapan terimakasih atas atensi Gubernur Kalimantan Barat melalui pemberian bantuan sosial dalam rangka pengendalian inflasi pangan.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Gubernur atas penyerahan bantuan yang diberikan. Tentu, maksud baik ini kita sambut dengan baik juga dan kita doakan Bapak Gubernur beserta jajaran untuk selalu sehat walafiat sebagai bentuk rasa syukur kita atas perhatian yang diberikan,” ujarnya.

Selain pemberian bansos, pemerintah berupaya mengendalikan inflasi dengan melakukan operasi pasar murah. Upaya ini merupakan bentuk dari pengalihan pemberian subsidi BBM ke dalam bentuk penyerahan bansos dan operasi pasar murah, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik