Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengungkapkan perempuan sebagai warga negara yang mempunyai hak politik selayaknya laki-laki.

“Keterwakilan perempuan di DPRD Kota Singkawang sendiri sudah mencapai angka 23% dari jumlah 30 anggota,” ungkapnya saat membuka Kegiatan Sosialisasi Perempuan dan Partisipasi Politik sebagai Aktualisasi Diri di Aula Basement Kantor  Wali Kota Singkawang, Selasa (31/5/2022).

Ia menambahkan bahwa sentimen di masyarakat perempuan hanya berada pada unsur domestik yang berkutat di dapur, sumur, dan kasur. “Sebagai seorang perempuan yang terlahir dengan banyak anugerah dari Tuhan, yang bertanggung jawab baik dalam urusan domestik dan professional perempuan tidak lepas dari kodratnya,” ujarnya.

Tjhai Chui Mie juga membagi pengalaman yang dialaminya selama meniti karir hingga berada di posisi saat ini agar dapat dijadikan motivasi untuk lebih meningkatkan kompetensi, berkompetisi sesuai bidang dan berkontribusi dalam pembangunan.

“Kegiatan pada hari ini merupakan momentum bagi kita bersama menyadari hakikat keberadaan kita khususnya perempuan ditengah masyarakat, apakah kita akan mengisi kehidupan dengan suatu yang bermanfaat atau hanya menjadi bagian dari penonton,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Singkawang Sutiyarto mengatakan perkembangan zaman yang semakin maju menuntut peran perempuan dalam pembangunan sehingga banyak perempuan yang sudah membuktikan dalam berperan ganda atau mitra sejajar yang berhasil.

“Perempuan mulai bangkit membuktikan bahwasanya keberadaan mereka layak untuk diperhitungkan,” ujarnya.

Bid. Informasi dan Komunikasi Publik