Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang melepas keberangkatan 5 Calon Jemaah Haji (CJH) Kuota Tambahan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Rabu (21/6/2023).

CJH kuota tambahan tergabung dalam Kloter 33 Nusantara Embarkasi Batam bersama 78 CJH lainnya asal Kalbar dan akan berangkat ke Tanah Suci, Jumat (23/6/2023).

Dihadapan para CJH, Pj. Wali Kota Sumastro mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji. “Selamat menjalankan ibadah haji untuk 5 CJH yang berangkat hari ini. Ibadah haji adalah ibadah yang menyenangkan,” sebutnya.

Keberangkatan CJH kali ini, menurut Sumastro adalah keberangkatan yang unik dan luar biasa, karena banyak terjadi hal – hal secara spontanitas dan serba dadakan namun tetap berjalan lancar.

“Bagi saya unik dan luar biasa keberangkatan CJH kali ini, banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi secara spontan dan serba dadakan, namun tetap berjalan lancar,” ujarnya.

Ia merasa bersyukur dan melihat hal tersebut sebagai anugerah Allah SWT yang telah memberikan kemudahan serta kelancaran kepada Kemenag Kota Singkawang dalam mengurus CJH.

Terdapat satu lansia pada keberangkatan CJH kali ini, Sumastro meminta kepada CJH lainnya untuk menuntun dan membantu lansia tersebut pada saat berada di Tanah Suci.

“Ini kan ada satu lansia, saya minta kepada CJH yang masih muda untuk menuntun dan membantunya pada saat berada disana,” pintanya.

Sebelum melepas jamaah, Ia memohon doa kepada CJH untuk Pemkot Singkawang agar bisa menjalankan segala tugas dan tanggung jawabnya dengan lancar dan baik. Serta titip salam kepada CJH Singkawang yang sudah terlebih dahulu tiba di Tanah Suci.

“Mohon doanya nanti di Baitullah untuk Pemkot Singkawang agar Allah SWT memberi kelancaran dan kemudahan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” ujarnya.

“Titip salam juga untuk CJH kita yang sudah lebih dulu tiba di Tanah Suci,” tambahnya.

Berdasarkan laporan Kakan Kemenag Singkawang, Muhlis, tahun ini untuk pertama kalinya, Singkawang melakukan pelepasan CJH sebanyak 2 kali. Akibat adanya penambahan kuota dari Pemerintah Pusat sebanyak 9 jamaah dan juga penambahan dari Pemerintah Arab Saudi sebanyak 6 jamaah.

“Sebenarnya kuota induk Singkawang ada 103 CJH, lalu mendapatkan kuota tambahan dari Pemerintah Pusat sebanyak 9 CJH dan kuota tambahan dari Pemerintah Saudi 6 CJH, inilah yang mengakibatkan keberangkatan CJH tahun ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya,” Kata Muhlis.

Bid. IKP