Singkawang, MC – Sebanyak 200 ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang mengikuti pelatihan Government Transformation Academy (GTA), Senin (10/10/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Digital Talent Scholarship (DTS) yang bertujuan untuk mencetak talenta-talenta digital.

“Kegiatan pelatihan GTA ini merupakan kali kedua dilaksanakan di Kota Singkawang ini. Selain di Kota Singkawang, pelatihan ini juga dilakukan di beberapa tempat, yaitu NTB, Kota Cianjur, Kota Bulukumba Sulawesi Selatan, dan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi,” ujar Isnaldi, Koordinator Tata Usaha Pusdiklat Kominfo RI.

Isnaldi mengapresiasi kepada Dinas Kominfo Singkawang yang telah bekerjasama memfasilitasi pelatihan GTA ini. Pelatihan GTA yang dilakukan di Kota Singkawang kali ini dibuka 3 (tiga) skema pelatihan, yaitu Junior Graphic Design (JGD), Junior Office Operator (JOO) dan Fasilitator Pembelajaran Digital (FPD).

“Kami dari Pusdiklat Kementerian Kominfo RI berterimakasih kepada Dinas Kominfo Singkawang sehingga pelatihan GTA ini bisa terlaksana di Kota Singkawang. Pelatihan GTA ini berlangsung selama 5 (lima) hari untuk skema pelatihan JGD dan JOO. Kemudian 4 (hari) untuk skema pelatihan FPD,” terangnya.

Ia berharap pelatihan GTA ini dapat dimanfaatkan sebaik-mungkin oleh para peserta untuk mengasah ilmu sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih. Hal ini dikarenakan pembelajaran skema pelatihan dilakukan dalam waktu yang singkat dan diharapkan dapat diaplikasikan di satuan kerja kedinasan.

“Pelatihan dilakukan secara teknis melalui aplikasi Learning Management System (LMS). Bahan materi dan penugasan akan terkumpul di sana. Jadi, bentuk pelatihan kita secara digital dan semuanya paperless sehingga tidak perlu menggunakan kertas lagi,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik