Singkawang, MC – Sebanyak 115 penyandang kesejahteraan sosial menerima paket bantuan permakanan pada kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Tahun 2024 di halaman Dinas Sosial, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA), Rabu (6/3/2024).

Sasaran kegiatan pemberian bantuan permakanan kali ini diantaranya 30 penyandang disabilitas terlantar, 25 anak terlantar, 50 lanjut usia terlantar serta gelandangan dan 10 pengemis (Gepeng) di luar binaan panti sosial.

Pj Sekretaris Daerah Kota Singkawang Aulia Candra secara simbolis menyerahkan paket bantuan tersebut. Ia mengapresiasi kerja keras dari jajaran Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Kota Singkawang khususnya yang membutuhkan.

Ia berharap, bantuan tersebut dapat memberikan manfaat dan meringankan beban kebutuhan hidup para penyandang kesejahteraan sosial Kota Singkawang.

“Terima kasih kepada teman teman di Dinas Sosial, bantuan ini mungkin tidak besar namun harapannya dapat menjadi tambahan nutrisi dan meringankan beban masyarakat terutama dalam menghadapi bulan ramadan.” ucapnya.

Kepala Dinas Sosial PPPA Kota Singkawang Sutiyarto mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka menangani permasalahan sosial di masyarakat serta sebagai salah satu upaya mencapai standar penerapan pelayanan minimal di bidang sosial.

Pemberian paket bantuan ini, kata Sutiyarto selain untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan, memang disepakati bersamaan dengan datangnya bulan ramadan. Sehingga diharapkan kebutuhan pangan sehari-hari masyarakat pada ramadan tahun ini dapat terpenuhi dengan baik.

“Kami menjadikan momen ini, paling tidak dalam menyambut bulan suci ramadan sudah terpenuhi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Selain itu, memang sekaligus dalam rangka percepatan realisasi APBD 2024 juga sesuai arahan pimpinan.” katanya.

Sutiyarto menjelaskan, bantuan permakanan yang diberikan kali ini berjumlah 3 paket. Dengan rincian masing-masing paket berupa 10 Kg Beras, 1 Kg Telur, 1 Kg Gula Pasir, 10 Bungkus Mie Instan, 1 Liter Minyak Goreng dan 2 Kaleng Susu Kental Manis.

“Kali ini bantuan yang diberikan itu 3 paket untuk periode Januari sampai Maret 2024. Sehingga masyarakat penerima bantuan ini menerima 30 Kg Beras, 3 Kg Telur, 3 Kg Gula Pasir, 30 Bungkus Mie Instan, 3 Liter Minyak Goreng dan 6 Kaleng Susu Kental Manis.” jelasnya.

Terakhir, Ia menambahkan bahwa untuk tahun 2024 ini Dinas Sosial PPPA memberikan bantuan permakanan sebanyak 5 Paket. Dimana 2 paket selanjutnya akan diberikan pada tahap kedua yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang.

Bid. IKP