Singkawang, MC – Rangkaian acara Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang sukses digelar. Dengan ditutup langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumaatro, acara yang masuk dalam kalender kegiatan tahunan ini telah dimeriahkan dengan beraneka macam lomba dan hiburan tradisional khas Dayak antara lain Lomba Menyumpit, Lomba Menyanyi Lagu Dayak, Lomba Tarian Kreasi, Lomba Masakan Tradisional, Lomba Lukis Perisai dan Pangkak Gasing, dan masih banyak hiburan lainnya.

“Terimasih kami ucapkan atas kehadiran dan kerjasama seluruh pihak dalam mensukseskan gawai dayak naik dango Kota Singkawang yang ke 23 tahun 2023. Terimakasih kepada Pemkot Singkawang yang terus mendampingi kegiatan ini,” Kata Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang Stepanus di Rumah Adat Dayak, Rabu (31/5/2023) malam.

Stepanus mengatakan Gawe Dayak Naik Dango Kota Singkawang memiliki makna filosofis sarat dengan nuansa religius yang dapat dijadikan momentum untuk selalu bersyukur kepada tuhan yang maha Esa.

Ia juga menjelaskan gelaran ini tidak hanya berfokus pada seremonial namun juga sebagai bentuk apresiasi terhadap nilai-nilai pelestarian, pembinaan dan pemanfaatan kebudayaan daerah.

“Perayaan Gawe Dayak Naik Dango sarat dengan nuansa religius sebagai wujud syukur kepada tuhan sang pencipta, dan tidak hanya semata berfokus seremonial namun juga sebagai bentuk apresiasi terhadap nilai-nilai pelestarian, pembinaan dan pemanfaatan kebudayaan daerah,” jelasnya.

Stepanus menambahkan rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan hingga penutupan telah berlangsung sangat tertib dan aman, ini menjadi bukti bahwa Singkawang layak dan pantas disebut sebagai Kota tertoleran di Indonesia.

“Terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras hingga sampai acara penutupan berlangsung tertib dan aman. Mohon maaf apabila selama penyelenggaraan kami bersama panitia masih terdapat banyak kekurangan,” tutupnya.

Bid. IKP