Singkawang, MC – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah kota Singkawang membuka pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Ballroom Hotel Mahkota, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDM) Kominfo Medan mengangkat tema ‘Pengelolaan Keuangan Digital Bagi Para Pelaku UMKM’, sebanyak 100 peserta bimbingan teknis yang merupakan pelaku UMKM kota Singkawang mengikuti pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah kota Singkawang Sutiarno mengatakan perkembangan era teknologi sekarang ini perlu dibarengi dengan perkembangan SDM dari para pelaku UMKM khususnya dalam hal pengelolaan keuangan secara digital.

“Pada masa sekarang ini, segala kebutuhan diperjualbelikan melalui platform digital. Karena di era teknologi yang semakin berkembang ini, setiap pelaku usaha itu berlomba-lomba untuk memperluas jaringan demi kepentingan usahanya.” ujarnya.

“Nah, diadakannya bimbingan teknis ini untuk membekali para pelaku UMKM dengan produk lokalnya tidak kalah bertanding dengan produk dari lomba. Sehingga, para pelaku UMKM ini dibekali cara agar bagaimana bisa merubah pola-pola pemasaran sampai penjualan produk mereka.” tambahnya.

Ia menambahkan konsumen di era teknologi yang berkembang ini juga semakin cerdas dalam memilih pasarnya sehingga perubahan pola-pola pemasaran dan penjualan saja tidak cukup.

“Para pelaku UMKM diharapkan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan daya saing dengan menjaga kualitas pelayanan dan produk yang ditawarkan,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik