Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie melantik Suriandi, SP sebagai Direktur Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang. Pelantikan berlangsung di aula Pasti Ke Singkawang Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (25/11/2019)

“Berdasarkan hasil wawancara akhir, Suriandi terpilih sebagai Direktur Perumda Air Minum Gunung Poteng Singkawang,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie.

Dia menegaskan, bahwa seleksi yang dilakukan sudah melalui aturan dan mekanisme yang ada. “Tidak ada intervensi baik dari saya maupun pihak panitia seleksi terhadap proses mekanisme yang ada. Karena seleksi itu sudah kita lakukan sejak awal mulai dari pengumuman hingga sesi wawancara akhir kemarin,” ungkapnya.

Bahkan dia selaku kepala daerah juga ikut langsung dalam melihat proses wawancara. “Karena kita ingin memastikan layanan air bersih tersebut dapat dilakukan maksimal,” jelasnya.

Bagi yang terpilih sebagai Direktur harus siap mencapai target program Pemkot Singkawang terkait air bersih. “Target layanan air bersih harus tercapai. Jika tidak tercapai dalam satu tahun kedepan, maka Direktur PDAM harus mengundurkan diri,” pintanya. 

Sebagai contoh, katanya, cakupan layanan dan kualitas air bersih itu sendiri termasuk tingkat kebocoran. “Hal-hal yang saya sebutkan setidaknya bisa dilihat semua pihak khususnya masyarakat Singkawang,” tuturnya.

Aturan ini dibuat, katanya, karena persoalan air bersih ini menyangkut hajat hidup orang banyak khususnya warga Singkawang, karena kabutuhan air itu penting bagi warga. 

“Sehingga kinerja Direktur yang membawahi PDAM itu harus maksimal, apalagi PDAM hanya mengurus air bersih sehingga bisa fokus dalam mengelola PDAM untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan, memilih seorang Direktur PDAM haruslah yang benar-benar menguasai permasalahan air bersih di Singkawang. 

“Sehingga tidak terkesan meraba-raba, karena dalam kacamata saya sebagai pimpinan DPRD Kota Singkawang, yang sudah merasakan kinerja Direktur yang sudah 10 tahun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” kata Sumberanto. 

Pertama, Direktur terpilih haruslah punya atau memiliki pengalaman dalam birokrasi. 

Dua, seorang Direktur harus orang yang sudah tahu betul dengan situasi dan kondisi Singkawang, sehingga tidak terkesan kurang memahami. Tiga, seorang Direktur harus seorang yang memiliki kemampuan managerial dalam mengelola sebuah management yang baik. 

“Sehingga dengan bawahan bisa bekerja dalam satu team,” ujarnya. 

Empat, Direktur adalah orang yang mampu bekerja dengan disiplin, cepat dan komunikatif. Dan lima, Direktur adalah seorang yang luwes, dinamis dan pelobi. MC. Kota Singkawang