Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro membuka pertemuan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Tingkat Kota Singkawang di Aula Akademi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Kampus Singkawang pada Senin (27/11/2023).

Pertemuan ini disampaikan Sumastro, merupakan wujud kepedulian Pemerintah dan Negara kepada sektor kesehatan termasuk kesehatan jiwa. Ia menambahkan kesehatan jiwa menjadi bagian dari introspeksi diri kita bersama dalam pengendalian emosional sebagai salah satu upaya penanganan yang paling mendasar.

“Kesehatan jiwa menjadi bagian dari introspeksi diri kita bersama dalam mengendalikan dan kemampuan menahan emosional. Pertemuan ini sebagai wujud kepedulian kepada sektor kesehatan termasuklah di dalamnya kesehatan jiwa.” ungkapnya.

Sumastro mengatakan, persoalan kesehatan jiwa menjadi penyakit yang harus dikenali. Karena banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan jiwa antara lain berkaitan dengan masalah kerjaan dan keluarga.

“Persoalan kesehatan jiwa menjadi penyakit modern, dan banyak sumbernya yang mungkin dari masalah kerjaan di kantor dan masalah keluarga di rumah. Jadi harus dikenali, karena bisa saja diluarnya ketawa riang ternyata didalamnya banyak masalah.” jelasnya.

Sumastro berpesan kepada seluruhnya untuk selalu bersikap sabar dan tenang apabila menghadapi masalah dan tekanan. Harus ada kemampuan manajemen stres yang baik, dan mempunyai ketangguhan jiwa dan emosional.

Ia berharap, semoga dalam pertemuan hari ini bisa diambil rumusan-rumusan masalah, kesepakatan rencana pengendalian dan penanganan serta hal-hal lain terkait masalah kesehatan jiwa masyarakat Kota Singkawang.

“Harus bisa manajemen stres, jangan pernah mengatakan bahwa persoalan atau permasalahan dunia semuanya dipikul sendiri. Semoga ada hal-hal baik yang dapat diambil dari pertemuan ini dan kita berdoa bersama agar terhindar dari penyakit kesehatan jiwa.” tutupnya.

Bid. IKP