Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie membagikan alat pelindung diri (APD) kepada sejumlah rumah sakit kota Singkawang dan Dinas Kesehatan di rumah jabatan Wali Kota, Selasa (27/7/2021).

Wali Kota Tjhai Chui Mie mengatakan pemberian APD ini merupakan bantuan yang diberikan PT. Mutiara Nusantara Globalindo (MNG) Medis dan CEO Indonesia melalui Harianto Tian. Masing-masing rumah sakit se-kota Singkawang dan Dinas Kesehatan kota Singkawang mendapat 2 model APD, yaitu Coverall Seam Tape Microporous Breathable dan Coverall Seam Tape Spundond.

“Saya sangat mengapresiasi donasi APD ini diberikan PT. MNG Medis dan CEO Indonesia melalui Harianto Tian. Ada 2 model APD yang diberikan, yaitu Coverall Seam Tape Microporous Breathable dan Coverall Seam Tape Spundond.” ujar Tjhai Chui Mie. 

Menurutnya jumlah yang diterima oleh tiap rumah sakit se-kota Singkawang dan Dinas Kesehatan kota Singkawang. Diantaranya 240 helai APD untuk RS Abdul Aziz, 180 helai APD untuk RSU St. Vincentius, 180 helai APD untuk RSU Harapan Bersama, 180 helai APD untuk RS Tk. IV DKT, dan 720 helai APD untuk Dinas Kesehatan kota Singkawang.

“Jadi, masing-masing mendapatkan 240 helai APD untuk RS Abdul Aziz, 180 helai APD untuk RSU St. Vincentius, 180 helai APD untuk RSU Harapan Bersama, 180 helai APD untuk RS Tk. IV DKT, dan 720 helai APD untuk Dinas Kesehatan kota Singkawang. Khusus Dinas Kesehatan kota Singkawang, nantinya akan dibagikan kepada sejumlah puskesmas-puskesmas di kota Singkawang.” Katanya.

Tjhai Chui Mie pun mengimbau agar masyarakat kota Singkawang dapat menjaga diri dengan mengikuti instruksi dan mentaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kota Singkawang.

“Kepada masyarakat kota Singkawang, tetap ikuti instruksi dan taati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kota Singkawang. Sehingga, status zonasi kota Singkawang kembali menjadi hijau dan perekonomian kota Singkawang dapat pulih kembali.” ujar Tjhai Chui Mie.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan kota Singkawang Rindar Prihantono menjelaskan bahwa donasi APD yang diperoleh akan dibagikan kepada 10 puskesmas di kota Singkawang. Rindar berharap donasi APD ini dapat mengoptimalkan kegiatan swab yang ditargetkan sebanyak 491 tes per hari.

Menindak-lanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 26 tahun 2021, Rindar mengungkapkan akan melakukan pelatihan tracer. Nantinya, di tiap puskesmas sebanyak 10-15 orang tracer yang dikerahkan untuk menyokong kegiatan swab di kota Singkawang. Menurutnya, optimalisasi kegiatan swab nantinya akan melibatkan Kamtibmas, Bhabinsa, masyarakat di posko-posko COVID-19 di kota Singkawang.

“Pada hari kamis ini, kami akan melakukan pelatihan tracer. Pelaksana tracer ada dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan termasuk masyarakat di posko-posko COVID-19 di kota Singkawang dengan perhari-nya sekitar 50 orang yang merupakan sasaran tracer di tiap puskesmas.” ujarnya.

Ia mengatakan apabila ada masyarakat di suatu lingkungan terkonfirmasi COVID-19 maka masyarakat lainnya pada wilayah tersebut akan dilakukan tracing.

“Apabila di suatu lingkungan, ada masyarakat yang terkonfirmasi maka pada wilayah tersebut akan kita lakukan tracing. Akan lebih baik lagi, kalau masyarakat tersebut datang sendiri.” ujar Rindar.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik