Singkawang, MC – Vaksinasi COVID-19 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat sudah mencapai 72,21 persen untuk tahap pertama per tanggal 26 Desember 2021.

“Untuk tahap pertama sudah mencapai 72,21 persen. Sedangkan tahap dua mencapai 58,22 persen,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Singkawang, Rindar Prihartono, Senin (27/12/2021).

Disampaikan, dengan capaian tersebut, target 70 persen untuk dosis pertama pada akhir tahun tercapai, bahkan bisa terlampaui.

“Untuk percepatan vaksinasi kita terus menggerakkan seluruh lintas sektor terkait seperti camat, lurah, RT, RW, TNI, Polri dan lain-lain. Serta seluruh tim vaksinasi yang ada di Kota Singkawang,” ujarnya.

Pemkot Singkawang berkomitmen untuk mengikuti kebijakan yang ada, terlebih saat ini sudah berada pada pemberlakuan PPKM level 1.

Berdasarkan pemantauannya di lapangan, cukup banyak masyarakat yang sudah mulai kendur dengan penerapan protokol kesehatan.

“Contohnya dalam penggunaan masker. Kita menyadari bahwa prokes mulai kendur di masyarakat, namun kami Dinas Kesehatan dan Puskesmas selalu memberi edukasi kepada masyarakat untuk selalu melaksanakan minimal 5M di dalam aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Terkait dengan perayaan Natal dan Tahun Baru, serta mengantisipasi penyebaran varian Omicron di Kota Singkawang, dia mengimbau seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan berupa 5M.

“Cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, jaga jarak, hindari kerumunan serta mengurangi mobilitas sehingga kita dapat menghindari peningkatan kasus COVID-19 di Kota Singkawang,” katanya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik