Singkawang, MC – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke 120 Kodim 1202/Singkawang Tahun Anggaran 2024 resmi ditutup.

Upacara Penutupan dipimpin oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan yang berlangsung di Lapangan Sepakbola RSJ Provinsi Kalimantan Barat Kelurahan Mayasopa Singkawang Timur, Jumat (7/6/2024).

Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan mengatakan TMMD tahun ini telah dilakukan sebanyak empat kali. Hal ini menjadi bukti adanya sinergitas yang baik antara TNI-Polri dengan Pemerintah Daerah dalam pembangunan wilayah.

“Programnya 1 tahun ada 4 kali, ini luar biasa. Sentuhan dan sinergitas antara TNI-Polri bersama-sama untuk membangun wilayahnya untuk mensukseskan program Pemerintah dan semuanya berjalan dengan sukses dan lancar,” katanya.

Dalam pelaksanaan TMMD ini, disebutkan Pangdam Iwan telah sukses membangun Jalan Rabat Beton dengan panjang 480 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 sentimeter. Selain itu ada pula pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan sumur bor sebanyak tiga titik.

“Ini adalah program yang bagus, Singkawang tidak pernah berhenti setiap tahunnya memberikan perhatian dan anggarannya bekerjasama dengan TNI manunggal membangun desa dan semuanya dapat dirasakan oleh masyarakat baik sasaran fisik maupun nonfisik,” sambungnya.

”Kami menyerahkan seluruh hasil pelaksanaan TMMD ke Pemda agar dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengucapkan apresiasi kepada jajaran TNI Kodam XII/Tanjungpura dan Kodim 1202/Singkawang beserta pihak-pihak lain yang terlibat, sehingga program TMMD 2024 ini bisa berjalan dengan baik.

“Kami dijajaran Pemkot ingin menyampaikan apresiasi tinggi kepada Bapak Panglima beserta jajaran, Dandim, Kapolres dan jajaran serta seluruh pihak yang terlibat. Program TMMD kembali sukses, setelah tahun 2023 kita laksanakan di Mantoman, sekarang di wilayah Gambir,” jelasnya.

Sumastro mengharapkan, Kolaborasi dan sinergitas ini dapat terus dilanjutkan guna mengintervensi program-program Pemerintah kepada daerah terluar yang jauh dari pusat kota.

“Keberlanjutan kolaborasi dan sinergitas kembali terbukti kali ini di daerah Gambir yang memang daerah terluar, terjauh dari pusat kota. Mudah-mudahan sebagaimana arahan Panglima, kita akan terus bersinergi untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Bid. IKP/Kominfo