Singkawang, MC – Transformasi kesehatan terus dilakukan Rumah Sakit (RS) Santo Vincentius Singkawang guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan diresmikaannya fasilitas kesehatan baru berupa Gedung Charity Rumah Sakit Santo Vincentius Singkawang, Kamis (1/8/2024).

Gedung Charity tersebut diresmikan secara langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang bersama dengan Uskup Agung Pontianak, Suster Provinsial SFIC dan Direktur RS Santo Vincentius Singkawang.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro mengucapkan selamat dan sukses atas diresmikannya gedung baru tersebut. Menurutnya, ini adalah bagian dari semangat pengabdian kemanusiaan khususnya di bidang kesehatan.

“Saya atas nama Pemerintah Kota dan masyarakat Singkawang dan sekitarnya, ingin mengucapkan selamat atas peresmian gedung Charity yang telah terwujud megah. Tentu ini adalah sebuah karya hasil kerja keras dari segenap jajaran yayasan Vincentius yang menjadi semangat tiada putus-putusnya untuk pengabdian kemanusiaan,” ucap Sumastro.

Sumastro menambahkan, sejak awal tahun 2023 Kota Singkawang telah memperoleh status UHC sebagai jaminan perlindungan kesehatan semesta. Ia pun menginginkan, adanya sinergitas yang menjadi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh rujukan ke rumah sakit ini.

“Dengan kebijakan UHC, kami berharap adanya sinergitas sehingga akan memudahkan masyarakat pada proses layanan tingkat pertama, untuk dirujuk apabila memang diperlukan termasuk ke RS vincentius ini,” ujarnya.

Ia pun berharap, semoga seluruh layanan kesehatan yang disandarkan pada RS Santo Vincentius ini dapat selalu diberikan dengan baik. Dan masyarakat Kota Singkawang maupun sekitarnya dapat semakin percaya dengan pelayanan pada rumah sakit di Kota Singkawang.

“Mari kita iringi dengan doa, semoga perjalanan RS Vincentius dalam melayani masyarakat dengan sepenuh hati, cinta dan kasih bisa eksis selamanya. Tentu harapannya, usia harapan hidup di Singkawang akan semakin meningkat dan tingkat kesakitan semakin menurun,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Direktur Utama RS Santo Vincentius Kota Singkawang dr. Nurtanti Indriyani mengatakan, proses pembangunan gedung ini berlangsung selama 16 Bulan mulai dari September 2022 hingga Desember 2023.

Nurtanti menyebut, pada gedung ini tersedia Ruang Intensif Care, Poli Kebidanan, Poli Anak, Rehabilitasi medis, serta Poli Imunisasi dan KB di lantai dasar. Kemudian pada lantai satu, terdapat Bangsal Kebidanan dan Kandungan, Ruang Bersalin, Ruang Tindakan Kebidanan dan Ruang Perinatologi.

“Sedangkan untuk lantai dua terdapat Bangsal Anak dan lantai tiga Bangsal kelas VIP dan VVIP. Sampai dengan saat ini RS Vincentius memiliki 164 tempat tidur yang dilengkapi pelayanan penunjang lain seperti Radiologi, Farmasi, Laboratorium, Kamar Operasi serta pelayanan lain berupa Dialisis dan Endoskopi,” tuturnya.

Nurtanti juga menjelaskan, beberapa tantangan masih akan dihadapi dalam rangka pemenuhan pelayanan kesehatan yang lebih optimal. Diantaranya, melengkapi dengan alat-alat kesehatan yang menunjang serta SDM tenaga kesehatan yang berkualitas.

“Pemenuhan akan dilakukan secara bertahap mengingat keterbatasan finansial. RS Vincentius ini tentu tidak bisa bekerja sendiri, sehingga ucapan terima kasih kepada segala pihak terkait, Pemerintah Kota Singkawang dan para donatur yang telah mendukung semuanya,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan akan terus mendukung program kesehatan,  baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

“Harapannya pelayanan pasien menjadi lebih baik dari segi pemenuhan standar fasilitas maupun kenyamanan pasien,” harapnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo