Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang berencana akan merevitalisasi pembangunan RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang. Upaya ini dilakukan untuk memperbaiki fasilitas kesehatan yang mendukung peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 718/Menkes/SK/V/2005, tertanggal 11 Mei 2005, RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang ditingkatkan kelasnya dari Kelas C menjadi Kelas B Non-Pendidikan. Kini, RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang sudah menginjak usia 42 tahun dan telah berdiri sejak tahun 1980.

“Tentunya RSUD dr. Abdul Aziz ini memang perlu adanya revitalisasi bangunan. Sekitar 2 (dua) tahun lalu, sudah dibangun 1 (satu) buah tower untuk layanan kesehatan Kelas I. Mengingat kondisi beberapa waktu kemarin, Kota Singkawang dilanda hujan deras sehingga mengakibatkan banjir dimana-mana, termasuk salah satunya RSUD dr. Abdul Aziz,” ujar Tjhai Chui Mie, Wali Kota Singkawang seusai rapat rancangan revitalisasi RSUD dr. Abdul Aziz, Rabu (31/8/2022).

“Pada rapat ini, kami berupaya memberikan ketegasan terkait wacana revitalisasi rumah sakit dengan lahan yang sudah ada. Kedepannya baru dipikirkan kembali langkah ekspansinya, maka kita akan coba membuat jadwal untuk melakukan pertemuan dan memaparkan wacana ini dengan pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Menteri Kesehatan RI,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang dr. Achmad Nurdin mengatakan kondisi kelayakan RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang saat ini membutuhkan perhatian dan komitmen dari berbagai pihak terkait revitalisasi rumah sakit itu.

“Pembangunan revitalisasi rumah sakit tetap pada lokasi yang sudah ada. Jadi, tidak dipindah ke lokasi baru. Dimana konsep bangunannya vertikal atau bertingkat ke atas dan konsep pembangunannya dilakukan per segmen bangunan. Dilakukan per segmen supaya tidak mengganggu aktivitas pelayanan kesehatan lainnya,” ujarnya.

Estimasi total biaya realisisasi revitalisasi RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang diperkirakan mencapai Rp395 Miliar. Untuk itu, Ia berharap rancangan revitalisasi ini menjadi perhatian Pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya agar terwujud peningkatan pelayanan kesehatan yang didambakan masyarakat di Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik