Singkawang, MC – Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Fraud Control Plan (FCP) bagi APIP se Kalimantan Barat yang digelar di Hotel Horison Singkawang, Kamis (29/9/2022).

Irwan mengatakan APIP kini memiliki wadah yakni Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) yang mempunyai kepengurusan hingga ke daerah. Untuk Kalimantan Barat pengurus AAIPI diketuai oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Ia berharap dengan adanya wadah kepengurusan, APIP dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kompetensi, pengawalan kualitas audit dan kerjasama dalam pelaksanaan audit.

“Saya berharap wadah AAIPI untuk APIP dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kompetensi, pengawalan kualitas audit dan kerjasama dalam pelaksanaan audit,” harapnya.

Menurutnya, APIP memiliki peran strategis dalam menunjang dan memperkuat efektivitas sistem pengendalian intern guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel.

“Oleh karena itu APIP diharapkan dapat terus update dan upgrade kualitas diri,” ujarnya.

Ia mengatakan APIP dituntut untuk mampu melakukan penjaminan kualitas dan consulting dimana APIP turut berperan secara aktif dan menjadi bagian dari penyelesaian masalah, membantu dalam memberikan alternatif solusi atau masalah-masalah yang menghambat percepatan dan efektivitas anggaran dan belanja daerah, terutama masalah regulasi, proses bisnis, kurang matangnya perencanaan serta pelaksanaan yang tidak sesuai peruntukkan.

“Jika ada potensi masalah, APIP dapat memberikan peringatan dini, sehingga jangan sampai pejabat dan aparatur pemerintah  dibiarkan terperosok,” katanya.

Peningkatan kualitas APIP dapat dilakukan melalui sharing experience, transfer knowledge dan diklat workshop, salah satunya seperti sosialisasi Fraud Control yang dirangkai dengan kegiatan penyerahan laporan telahaan sejawat.

“Semoga dengan sosialisasi ini APIP dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi agar mampu mengedukasi upaya pencegahan dan pengendalian korupsi disegala bidang,” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik