Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Tahun 2024.

Diikuti seluruh Kepala Sekolah Negeri dan Swasta se Kota Singkawang, kegiatan ini dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Singkawang di Dayang Resort Singkawang, Rabu (12/6/2024).

Pj Sekda Aulia Candra mengatakan, lewat ketercapaian segenap standar pendidikan nasional terbentuk mutu Pendidikan Nasional yang terukur. Dalam upaya pemenuhan mutu Pendidikan Nasional tersebut salah satu unsur idealnya harus didukung oleh tenaga pendidik yang berkualitas.

“Mutu Pendidikan Nasional terukur lewat ketercapaian segenap standar pendidikan nasional, salah satunya unsurnya adalah kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan. Yang juga dibarengi dengan program kurikulum yang baik serta institusi yang efektif,” tuturnya.

Berbicara mengenai kurikulum, Aulia Candra menyadari bahwa Kurikulum Merdeka telah memaksa tenaga pendidik untuk belajar bertransformasi. Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini ada perkembangan kompetensi yang berujung pada perbaikan layanan pendidikan.

“Kurikulum Merdeka memaksa tenaga pendidik untuk belajar bertransformasi, untuk itu pentingnya peningkatan kapasitas kompetensi guna mengikuti kemajuan tersebut,” tegasnya.

Ia pun berpesan, agar seluruh tenaga kependidikan di Kota Singkawang dapat senantiasa kompak, meningkatkan sinergi dan kolaborasi serta selalu menciptakan inovasi guna mencapai keberhasilan layanan pendidikan.

“Keberhasilan layanan pendidikan harus kita bangun dengan tim yang kuat, kompak dan bersinergi sehingga akan mengikuti dan membiasakan diri bekerja ikhlas, cepat dan tuntas,” ujarnya. (*Do)

Bid. IKP/Kominfo