Peresmian Ta Wan Restoran di Singkawang Grand Mall, Rabu (24/7/2024). Foto : Eko SR

Singkawang, MC – Ta Wan restauran kini hadir di Singkawang Grand Mall. Restoran yang menyajikan menu masakan khas Tiongkok tersebut dibuka oleh Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro, Rabu (24/7/2024).

Melegenda dengan menu bubur andalannya, restoran yang sudah ada sejak 1996 itu telah memiliki sertifikat halal MUI grade A.

“Atas nama Pemkot Singkawang dan seluruh masyarakat Singkawang, saya ucapkan selamat atas dibukanya Ta Wan restoran makanan halal di Singkawang Grand Mall,” ucap Pj. Wali Kota.

Sebagai outlet ke-93, Sumastro menilai pilihan manajemen Ta Wan Restoran membuka di SGM menunjukkan kapasitas Singkawang sebagai Kota tujuan wisata kuliner berskala nasional.

Ia optimis, Ta Wan akan disambut baik oleh warga Singkawang.

“Ta Wan ini restoran besar dengan 93 outletnya tersebar di seluruh Indonesia, mereka membuka di Singkawang Grand Mall itu artinya Kota Singkawang memang sudah diperhitungkan sebagai kota tujuan wisata kuliner berskala nasional dan mudah-mudahan bisa naik bertaraf internasional,” ujar Sumastro.

Selain itu, Sumastro juga mengatakan kehadiran Ta Wan membuka peluang lapangan kerja serta sarana pelatihan siswa SMK jurusan terkait kuliner di Kota Singkawang.

“Kehadiran Ta Wan disini adalah membuka peluang lapangan kerja bagi warga, juga menjadi tempat pelatihan bagi siswa SMK jurusan terkait tata boga,” katanya.

Terkait penyediaan bahan baku, Pj Wali Kota berharap Ta Wan bisa menjalin kerja sama dengan pengusaha lokal Singkawang demi meningkatkan perekonomian.

“Untuk bahan baku, kami harap Ta Wan mau memakai bahan yang disediakan pengusaha lokal disini, yang saya yakin juga memiliki kualitas yang tidak kalah saing dengan daerah lain,” ungkap Sumastro.

Dalam kesempatan yang sama, Branch Manager Ta Wan, Beny menyebut pihaknya memilih Singkawang karena belum adanya Chinese Restaurant halal di Kota Tertoleran di Indonesia tersebut.

Meski sudah banyak restoran serupa berdiri lebih dahulu, Ia yakin Ta Wan akan mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat Singkawang.

“Kita buka di Singkawang itu pertama karena disini ada mall besar sekelas SGM, selain itu belum ada restoran chinese bersertifikat halal MUI inilah yang membuat kita yakin bahwa pilihan kita membuka disini (Singkawang) akan mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat meski sudah banyak restoran chinese yang sudah lebih dulu menjadi favorit warga,” sebut Beny.

“Apalagi kita tau Singkawang ini kan salah satu Center point perlintasan warga yang ingin ke Pontianak atau Kuching, sudah pasti ini peluang besar bagi kami untuk bisa berkembang disini,” lanjutnya.

Terkait bahan baku, Beny mengonfirmasi pihaknya berkomitmen vendor-vendor penyedianya juga harus memiliki sertifikat halal MUI.

“Karena kita sudah komitmen dengan sertifikat halal, nanti vendor-vendor bahan baku yang kita pakai juga mereka juga harus memilki sertifikat halal,” katanya. (Gun)

Bidang IKP / Kominfo Singkawang