Singkawang, MC – Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menggelar tasyakuran sebagai bentuk rasa syukur atas kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji 1445 H.

Tasyakuran turut dihadiri Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, jajaran kantor Kemenag Singkawang dan jamaah haji di aula kantor Kemenag, Selasa (6/8/2024).

Tak mau lepas dari kearifan lokal masyarakat Melayu Kalbar, pihak Kemenag Singkawang sengaja menyuguhkan sajian khas berupa bubur sumsum yang melambangkan pemulihan tenaga selepas melakukan kegiatan besar dan melelahkan.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota sangat menginginkan acara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun untuk mempererat silaturahmi. Bahkan Ia menawarkan kota Singkawang sebagai tuan rumah tasyakuran Haji se- Kalbar.

“Ini sebuah acara yang baik dan kalau bisa dilakukan setiap tahun,” ungkap Pj Wali Kota.

“Kalau perlu Singkawang jadi tuan rumahnya, untuk acara tasyakur Haji se-Kalbar. Karena silaturahmi sesama jamaah haji itu sangat perlu kita perkuat,” lanjutnya.

Menurut Sumastro, pengalaman indah dan spiritual sewaktu di tanah suci perlu ditularkan kepada orang lain agar menjadi motivasi mereka untuk bisa menunaikan rukun Islam yang kelima.

“Pengalaman waktu disana (Tanah Suci) adalah sebuah pengalaman spiritual dan kenangan indah yang harus kita sampaikan kepada saudara kita, agar mereka semakin termotivasi untuk bisa berangkat Haji,” menurutnya.

Selaku Ketua IPHI Kota Singkawang, Ia menyebut jamaah Haji Singkawang 1445 H tidak hanya sekedar menambah jumlah anggota Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia semata, namun juga akan menambah keberkahan.

“Kehadiran pak Haji dan bu Hajjah ini tentulah akan menambah jumlah keanggotaan IPHI yang saya pimpin. Namun hal penting itu sebenarnya bukan hanya nambah jumlah anggota nya, tentulah keberkahannya juga akan bertambah,” sebut Sumastro.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Singkawang, Muklis mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkot Singkawang dalam mensukseskan pelaksanaan ibadah Haji 2024.

Ia menuturkan, selain melibatkan jajarannya dalam pelaksanaan rangkaian ibadah Haji, Pemkot Singkawang juga telah membantu memberikan uang saku tambahan kepada jamaah Haji melalui APBD.

“Terima kasih kepada Pemkot atas pemberian uang saku untuk para jamaah haji Singkawang yang masing-masing sebesar 3,5 juta rupiah,” ucap Muchlis.

Selain sebagai bentuk rasa syukur, Muchlis juga menyebut tasyakuran yang dilaksanakan dari tingkat pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota tersebut, akan dijadikan sarana diskusi dan evaluasi pelaksanaan ibadah Haji agar bisa lebih ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya.

“Kegiatan yang diselenggarakan dari tingkat pusat hingga daerah ini tentulah akan kita manfaatkan sebagai ruang diskusi dan evaluasi terkait pelaksanaan haji 2024 agar bisa dijadikan perbaikan untuk pelaksanaan haji berikutnya,” ujarnya. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo