Singkawang, MC – SMP Negeri 14 Singkawang berhasil meraih juara pertama Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Kebangsaan tingkat SMP/MTs se Kalimantan Barat yang digelar di SDN 23 Singkawang, Rabu (19/10/2022).

“Untuk juara kedua diraih SMP Negeri 4 Selakau dan Juara Ketiga diraih SMP Torsina 1 Singkawang,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Singkawang, Asmadi.

Sementara di tingkat SMA/SMK/MA Juara pertama diraih SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh, Juara Kedua SMA Santo Ignasius Singkawang dan Juara Ketiga diraih SMA Negeri 1 Tebas.

Asmadi mengatakan LCC se Kalbar ini diikuti sebanyal 66 sekolah dengan rincian SMP/Mts sebanyak 41 sekolah dan SMA/SMK/MA sebanyak 25 sekolah.

“Secara keseluruhan kemampuan anak hanpir merata, meskipun ada beberapa titik lemah yang harus menjadi perhatian bagi guru pengampu di bidang empat pilar kebangsaan,” ujarnya.

Terutama pada amandemen UUD 1945. “Karena amandemen UUD 1945 pada baguan batamg tubuhnya sudah beberapa kali mengalami perubahan. Jadi kalau tidak diikuti otomatis akan keteteran,” katanya.

Ia berharap kedepannya lomba ini dapat diikuti  lebih banyak sekolah di Kalimantan Barat.

“Ini baru pertama kali digelar dalam rangka menerjemahkan kurikulum

Merdeka yaitu profil pancasila,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengaku bangga atas digelarnya lomba cerdas cermat se kalbar ini. “Saya merasa senang dan bangga, antusias anak-anak SMP dan SMA sangat luar biasa,” katanya.

Ia berharap kepada Dinas Pendidikan dan guru untuk memotivasi anak-anak dengan mengadakan lomba seperti ini, sehingga mereka bisa lebih giat dan menguasai semua pelajaran.

“Saya minta lomba seperti ini rutin digelar. Semua sekolah diharuskan ikut, bila perlu siswa SD juga boleh diikutsertakan,” pintanya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik