Singkawang, MC – 65 Atlet dan 19 Pelatih/Oficial Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kota Singkawang 2024 dilepas resmi keberangkatannya oleh Pj Wali Kota Singkawang di Basement Kantor Wali Kota, Kamis (20/6/2024).

Kontingen yang terdiri 59 atlet putra dan 6 atlet putri akan mengikuti 7 cabang olahraga (cabor) yaitu sepak bola, bola voli, basket, tenis, tinju, silat dan bulu tangkis.

Pj Wali Kota, Sumastro optimis kontingen Kota Singkawang akan mengukir prestasi di seluruh cabor.

“Kami menaruh harapan dan optimis pada ajang Popda kali ini, Kota Singkawang bisa mewarnainya dengan prestasi-prestasi di berbagai cabang yang diikuti,” ucap Sumastro.

Kepada seluruh atlet, Sumatro memotivasi agar selalu mengasah talentanya demi meraih peluang beasiswa, karena kesempatan berlaga di Popda hanya sekali seumur hidup.

“Inilah moment bersejarah dalam hidup adek-adek menjadi atlet Popda, dan ini tak akan terulang lagi dan sebagai bukti jati diri yang tangguh,” ungkap Pj. Wali Kota.

“Pelajar tidak hanya harus memiliki kemampuan intelektual tapi juga harus memiliki talenta yang baik di bidang olahraga, biasanya yang seperti itu akan mudah mendapatkan peluang beasiswa,” imbuhnya.

Menghadapi kompetisi dari 23-28 Juni 2024 di Kota Pontianak, Ia mengingatkan atlet untuk disiplin dan cukup istirahat serta berperilaku baik kepada sesama.

“Tunjukan kepada peserta lainnya bahwa kalian sebagai warga Kota Tertoleran di Indonesia. Dipertandingan itu, kita  hakekatnya adalah bersaudara, bukan musuh, jadi jangan sampai ribut dan berkelahi,” minta Sumastro.

Menurutnya, prestasi tersebut tidak hanya mengangkat nama pribadi, namun juga berimbas pada nama baik keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Ajang ini sebagai pembuktian prestasi adek-adek sekalian, karna prestasi kalian tidak hanya mengangkat nama baik kalian saja namun juga akan mengangkat nama baik keluarga, masyarakat dan Pemkot Singkawang,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Disparpora Kota Singkawang, Heri Apriadi menargetkan 5 medali emas, 5 perak dan 6 perunggu serta masuk peringkat 5 besar di klasemen akhir.

“Target kita untuk Popda kali ini adalah medali emas 5, perak 5 medali dan 6 perunggu, untuk peringkat, kita target masuk 5 besar di Popda 2024,” ujar Heri. (Gun)

Bid. IKP/Kominfo