Singkawang, MC – Ribuan Bikers akan meramaikan Kota Singkawang pada perhelatan West Kalimantan International Bike Week (WK-IBW) 2020 pada tanggal 12 Maret 2020.

“Ribuan bikers yang akan ke Singkawang. Diantaranya sebanyak 500 bikers dari mancanegara,” kata Ketua Panitia, Iwan Kurniawan saat rapat persiapan di aula Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Senin (9/3/2020).

Rapat persiapan dihadiri Wakil Wali Kota Irwan, Kasat Lantas Polres Singkawang, Imigrasi, Jasa Raharja serta beberapa OPD terkait.

Iwan mengatakan peserta WK-IBW memulai perjalanan melalui perbatasan Aruk dan Entikong, kemudian ke Singkawang dan selanjutnya Finish di Kota Pontianak.

“Tiba di Kota Singkawang diperkirakan pukul 13.00 wib dan selanjutnya melakukan registrasi di Swissbell Hotel,” ujarnya.

Malam harinya, digelar ramah tamah dan jamuan makan malam di Singkawang Grand Mall yang akan dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Forkopimda dan Kepala OPD.

Pada Jumat (13/3/2020) peserta WK-IBW akan dilepas menuju Kota Pontianak. “Sekitar pukul 07.00 wib dilakukan pelepasan rombongan WK-IBW menuju ke Pontianak darj Singkawang Grand Mall,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Irwan mengapresiasi kegiatan WK-IBW ini. Ia meminta seluruh instansi terkait untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan yang berlangsung di Singkawang.

“Dukungan mulai dari kesiapan lokasi, keamanan, kesehatan hingga hiburan pada jamuan makan malam,” katanya.

Sementara, Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri mengatakan pihaknya akan membuat rencana pengamanan jalur mulai dari perbatasan Singkawang-Sambas dan batas menuju Pontianak.

“Kami akan tempatkan personil di jalur yang akan dilalui bersama instansi terkait Dishub dan Satpol PP,” katanya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan koordinasi terkait teknis pengawalan bersama Polres Sambas dan Polres Mempawah.

“Kedua wilayah ini menjadi jalur yang dilalui peserta. Apalagi pengawalan ini sifatnya estafet, maka kami akan berkoordinasi,” ujarnya.

Terkait pengamanan lain, pihaknya akan menempatkan personil di setiap hotel. Kepada masyarakat juga diimbau untuk berhati-hati saat kegiatan berlangsung.

“Karena jumlah kendaraan yang sangat banyak. Sehingga dipandang perlu memberikan imbauan kepada masyarakat. Intinya kami siap mengamankan kegiatan ini,” ujarnya.