Singkawang, MC – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pembentukan Kota Singkawang ke  21 dan HUT TNI ke 77 tahun 2022, Sporta Indonesia akan menggelar event Singkawang Borneo Festival (SBF) di halaman Singkawang Grand Mall.

Ketua Pelaksana, Ongky Lesmana mengatakan event Singkawang Borneo Festival baru pertama kali digelar di Kota Singkawang. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 7-16 Oktober 2022.

“Singkawang Borneo Festival yang baru pertama kalinya digelar di Singkawang ini akan dilaksanakan dari tanggal 7-16 Oktober 2022,” kata Ongky, Minggu (18/9/2022).

Ia mengatakan di Singkawang Borneo Festival akan diisi berbagai macam kegiatan seperti, Expo UMKM, kuliner, otomotif dan lain-lain.

Selain itu juga ada kegiatan olahraga seperti lari, sepeda, catur, barongsai, basket, e-sport dan lain-lain.

“Kemudian musik festival, seperti festival band pelajar, dance antar umum serta penampilan band-band lokal dan Pontianak.

Pihaknya, kata Ongky akan mendatangkan beberapa artis, diantaranya Arwana, Risma artis dangdut, artis mandarin, Feel Koplo dan Ghea Idol yang merupakan putri daerah Singkawang serta berbagai macam penampilan lainnya.

Ia menegaskan event Singkawang Borneo Festival ini sama sekali tidak menggunakan dana APBD Kota Singkawang, melainkan dana sponsor atau rekan-rekan yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Melalui event yang digelar tentunya bagaimana kita melestarikan dan menampilkan seni budaya Singkawang seperti apa,” ujarnya..

Pihaknya juga melibatkan majelis seni budaya Singkawang yang terdiri dari 19 paguyuban etnis. Yang mana mereka juga akan menampilkan tarian-tarian etnis mereka.

Dalam event ini juga, akan ada rangkaian Singkawang International Bike Week. Dimana ada peserta motor dari Malaysia, Singapura, Brunai dan Thailan masuk ke Kota Singkawang.

“Tentunya dengan kegiatan-kegiatan seperti ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Singkawang. Yang pasti tingkat hunian hotel akan terpenuhi, begitu juga dengan kuliner, aksesoris dan lain-lain,” katanya.

Sehingga, secara umum tujuan dari event ini supaya Kota Singkawang bisa dikenal sampai keluar, karena bisa mendatangkan orang dari berbagai daerah.

“Kita harapkan para wisatawan bisa datang ke Kota Singkawang untuk menyaksikan penampilan-penampilan yang kita suguhkan dalam event Singkawang Borneo Festival kelak,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik