Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) menandatangani Kontrak, Pre Construction Meeting dan Mutual Chek Awal (MCO) Pembangunan Sentra Kuliner Ikan bersama Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikananan (PDSPKP), CV Govinda Putra Mandiri dan CV Cahya Sarana.

Penandatanganan kontrak tersebut, disaksikan langsung oleh Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro, Rabu (21/6/2023).

Selain menandatangani kontrak yang berisi tentang pelaksanaan dan pengawasan pembangunan Sentra Kuliner Ikan di Singkawang, dalam pertemuan itu juga terjadi penyerahan lahan pembangunan Sentra Kuliner dari Pemkot Singkawang kepada Ditjen PDSPKP.

Pj. Wali Kota Sumastro sedikit mengulas tingkat konsumsi ikan masyarakat Singkawang yang masuk kategori tinggi dalam Indeks Konsumsi Ikan Nasional. Dirinya optimis Sentra Kuliner ini akan mendongkrak kekuatan ekonomi Singkawang.

“Tingkat konsumsi ikan di Singkawang sudah masuk kategori tinggi dalam Indeks Konsumsi Ikan Nasional,” katanya.

“Saya optimis Sentra Kuliner ini akan mendongkrak kekuatan ekonomi masyarakat Singkawang,” ujarnya.

Menurutnya, Selain memperkuat predikat Singkawang sebagai kota jasa dan pariwisata, keberadaan Sentra Kuliner itu juga akan menambah predikat Singkawang sebagai Negeri Bahari.

“Selain memperkuat predikat Singkawang sebagai kota jasa dan pariwisata, sentra kuliner ini bisa menambah predikat kita sebagai Negeri Bahari,” menurutnya.

Ia berharap setiap moment liburan atau weekend para wisatawan semakin nyaman berada di Singkawang karena adanya Sentra Kuliner tersebut, yang akan menyediakan menu makanan yang enak serta higienis.

“Saya berharap paling tidak setiap weekend itu, wisatawan semakin nyaman berada di Singkawang, karena adanya Sentra Kuliner ini, yang tentu menyediakan menu makanan yang enak serta higienis,” harapnya.

Kepada pihak Ditjen PDSPKP, Sumastro meminta agar memperhatikan perawatan dan penataan Sentra Kuliner agar bisa terus berkelanjutan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PSDPKP, Erwin Dwiyana, menargetkan pembangunan Sentra Kuliner akan selesai dalam 150 hari kalender.

“Kami menargetkan pembangunan ini akan selesai dalam 150 hari kalender,” ujarnya.

Bid. IKP