Pj Sekda, Aulia Candra menanam pohon program Simanis. Foto : Eko SR

Singkawang, MC – Ditengah kondisi kerawanan pangan dan berkurangnya jumlah petani di Indonesia, Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DPKPP) Kota Singkawang berinisiatif untuk kembali menggelar sosialisasi program Siswa Menanam di Sekolah (SIMANIS)  di SMP Negeri 12 Singkawang, Jumat (16/8/2024).

Sosialisasi Simanis kali ini dibuka langsung oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Singkawang. Turut hadir dalam kegiatan Ketua DPRD, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Disdikbud, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Singkawang serta jajaran Komite Sekolah.

“Tujuan dari program Simanis ini, tentu dalam rangka menciptakan karakter petani milenial pada siswa sekolah dan agar siswa memanfaatkan pekarangan sekolah untuk menanam, ” ucap Kepala DPKPP Kota Singkawang Dwi Yanti.

Dwi Yanti menambahkan, tujuan lain ialah untuk menggalakkan gerakan konsumsi pangan lokal guna mendukung para petani di Kota Singkawang.

“Dengan menyuguhkan hidangan pangan lokal, otomatis petani di Singkawang akan terbantu dengan penyerapan produksi dan harga jual hasil pertanian yang mampu bersaing,” tuturnya.

Dwi Yanti juga menjelaskan untuk tahun 2024 program Simanis dilaksanakan di 10 sekolah. Dan untuk kali ini, bantuan bibit tanaman yang diberikan berupa bibit Cabe, Tomat dan Seledri.

“Harapannya tahun depan bisa lebih masif lagi, sedangkan untuk bibit yang diserahkan ada cabe, dan sayuran. Karena cabe juga salah satu penyumbang inflasi di Kota Singkawang,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Sekda Kota Singkawang Aulia Candra mengatakan, program Simanis ini diyakini mampu menumbuhkan kecintaan dan minat menanam sedari dini kepada siswa.

“Jadi kita ingin mulai dari siswa itu ada kecintaan terhadap menanam, tanaman apapun itu. Program simanis ini kalian diajari menanam untuk mencintai dan memanfaatkan lahan dan lingkungan kalian,” ujarnya.

Menurut Aulia Candra, kecintaan terhadap menanam juga dapat mendorong peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Harapannya, lahan di Kota Singkawang juga dapat diimbangi dan dipertahankan. Mana yang untuk pertanian, mana yang untuk permukiman. Sehingga lingkungan hidup di Kota Singkawang tetap terjaga,” ungkap Aulia Candra.

Aulia Candra turut mengimbau agar seluruh masyarakat dapat mencintai dan memanfaatkan lahan dengan baik khususnya di lingkungan rumah guna menjaga ketahanan pangan keluarga.

“Sejujurnya di lahan yang kecil saja bisa menghasilkan hasil pertanian, jika senang menanam tentu dapat mendorong ketahanan pangan keluarga,” tutupnya.

Kegiatan sosialisasi program Simanis ditutup dengan aksi menanam yang dilakukan oleh Pj Sekda Kota Singkawang bersama Ketua DPRD, para Kepala Dinas dan Kepala Sekolah. (Do)

Bid. IKP/Kominfo