Singkawang, MC – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023, Majelis Melayu Serumpun (MMS) Kota Singkawang berinisiatif mengadakan kegiatan Silaturahmi Lintas Agama dan Etnis di Rumah Dinas Jabatan Wali Kota Singkawang, Jumat (20/1/2023) sore.

Kegiatan dihadiri Pj Wali Kota Singkawang, Perwakilan Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT), Perwakilan Dewan Adat Dayak (DAD) Kota Singkawang, Perwakilan Perkumpulan Paguyuban berbagai Etnis Kota Singkawang, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Melalui Dewan Pertimbangan MMS Kota Singkawang, H. Ashari Arhap yang juga sekaligus Ketua Panitia Pelaksana menyebutkan kegiatan ini bertujuan untuk selalu menumbuhkan semangat kekeluargaan dan rasa toleransi agar terwujudnya suasana kondusif selama pelaksanaan Imlek dan Cap Go Meh berlangsung.

Ashari mengatakan kondusifitas yang tejalin sangatlah penting mengingat Perayaan Imlek dan Cap Go Meh dapat memberikan dampak positif salah satunya berupa peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi pelaku usaha, buruh dan penyedia jasa.

“Mengingat betapa pentingnya kegiatan ini haruslah kita jaga bersama, karena mampu memberikan dampak positif berupa peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi pelaku usaha, buruh dan penyedia jasa.” katanya.

Senada dengan yang disampaikan Ashari, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menyampaikan momentum pertemuan ini juga merupakan wujud suka cita kita bersama dalam mengiringi saudara-saudara yang merayakan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh.

“Terimakasih atas inisiatif ini yang merupakan wujud suka cita kita bersama dalam mengiringi keluarga kita etnis tionghoa dalam merayakan tahun baru imlek dan cap go meh”. tuturnya.

Karena seperti yang diketahui bersama, acara Cap Go Meh akan kembali hadir di Kota Singkawang setelah 2 tahun kosong akibat pandemi Covid-19. Sehingga untuk itu, Ia meminta kepada semua masyarakat Kota Singkawang tanpa memandang Agama dan Etnis untuk bersama-sama mensukseskan acara tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2023 agar berjalan dengan baik.

“Sebentar lagi kita akan kembali merasakan perayaan Cap Go Meh yang telah 2 tahun kita rindukan. Mari sama-sama kita sukseskan event kebanggaan Kota Singkawang ini agar berjalan dengan baik.” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama juga, Wakil Sekretaris Panitia Cap Go Meh 2023 Tri Vina mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan Pemerintah Kota Singkawang dan Instansi terkait lainnya beserta seluruh ormas lintas agama dan etnis dalam upaya melancarkan dan mengamankan persiapan menjelang perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini.

“Terimakasih saya ucapkan mewakili ketua panitia cap go meh kepada seluruhnya yang telah berpartisipasi dalam menjaga dan mengamankan jalannya persiapan tahun baru imlek dan cap go meh di tahun ini”. ucapnya.

Lebih lanjut Ia berharap semoga semarak Perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini dapat diwarnai dengan keharmonisan, kedamaian dan keamanan sehingga semakin menunjukkan wajah Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia.

“Semoga seluruh rangkaian acara dapat berlangsung aman, damai dan harmonis sehingga event internasional ini dapat semakin menunjukkan wajah Kota Singkawang sebagai Kota ter Toleran di Indonesia.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik