Singkawang MC – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro melakukan kunjungan dan silaturahmi bersama Camat, Lurah dan RT se Kecamatan Singkawang Barat di Aula Kantor Camat Singkawang Barat, Kamis (29/12/2022).

Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus diskusi bersama membahas permasalahan dan keluhan yang terjadi di wilayah Singkawang Barat.

Camat Singkawang Barat Lukas Suharyadi mengucapkan terimakasih kepada Pj Wali Kota Singkawang yang telah hadir dan memilih Singkawang Barat sebagai tempat kunjungan diskusi dan silaturahmi.

“Terimakasih yang sebesar besarnya kami ucapkan kepada bapak Pj Sumastro yang telah hadir dan suatu kebahagiaan bagi kami karena telah memilih wilayah Singkawang Barat sebagai tempat pertama yang dikunjungi untuk diskusi dan silaturahmi.” ucapnya.

Suharyadi menyampaikan kondisi dan isu yang menjadi polemik di wilayah Kec. Singkawang Barat diantaranya mengenai data penduduk yang mengalami pengurangan sebanyak kurang lebih 4000 penduduk dan keluhan terkait insentif Ketua RT yang tidak kunjung mengalami penaikan.

“Pada kesempatan ini saya ingin melaporkan secara langsung, mumpung ada PJ Wali Kota di sini. Bahwa isu yang paling utama di Singkawang Barat ini adalah terkait dengan data penduduk yang dari laporan kemarin berkurang sebanyak kurang lebih 4000 penduduk. Dan isu selanjutnya yang ingin saya sampaikan adalah aspirasi dari para RT terkait kenaikan insentif.” katanya.

Ia berharap dengan adanya Pj Wali Kota yang telah hadir dan mendengar secara langsung dapat memberikan solusi dan arahan mengenai permasalahan-permasalahan tersebut.

“Nah terkait dengan permasalahan tadi, semoga dari Pak PJ Wali Kota Selaku pemangku kebijakan dapat memberikan solusi dan arahan sehingga keluhan dan permasalahan dapat kita benahi bersama.” tutupnya.

Sementara, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan kehadirannya selaras dengan tujuan kegiatan ini yaitu untuk memantau dan mensikapi hal-hal yang menjadi keluhan dan permasalahan di lingkungan kecamatan singkawang barat.

Terkait dengan permasalahan pengurangan data penduduk, Sumastro menyampaikan banyak faktor yang mungkin menjadi penyebabnya antara lain terjadinya perpindahan penduduk, kematian dan banyak juga warga yang melanjutkan pendidikan ke luar daerah/negeri serta kurangnya kesadaran penduduk untuk melapor.

“Saya datang kesini tentunya untuk mensikapi permasalahan yang terjadi, dan mengenai kependudukan tadi, itu raya rasa banyak faktor dan data sifatnya dinamis setiap saat berubah. Jadi juga perlu adanya kesadaran penduduk untuk melapor baik itu ke RT hingga ke dukcapil.” jelasnya.

Ia berencana untuk mengadakan program Pekan Pemutakhiran Data KK tahun depan yang diperuntukkan kepada RT dan Lurah se Kecamatan Singkawang Barat dengan tujuan untuk pembuktian dan pemutakhiran data penduduk.

“Ini tawaran saya sekaligus tantangan kita bersama, tanpa harus digembar gemborkan ya. Secara bertanggung jawab membenahi data penduduk RT per RT ya dengan didampingi oleh Lurah Camat dan Dukcapil.” tuturnya.

Ia berharap dengan rencana ini, Singkawang Barat menjadi percontohan pembenahan dan pemutakhiran data penduduk. Sehingga dengan hasil dan kesungguhan kinerja Bapak/Ibu Ketua RT dapat sebagai alasan perhatian Pemerintah terkait kenaikan insentif.

“Jika program ini jalan Saya ingin Singkawang Barat menjadi percontohan pembenahan dan pemutakhiran data penduduk. Jadi sehubungan dengan masalah yang kedua, dengan hasil dan kesungguhan kinerja Bapak/Ibu dapat menjadi modal saya meyakinkan bahwa Ketua RT sudah pantas dinaikan insentifnya.” ujarnya.

Terakhir Ia berpesan kepada seluruh Lurah dan Ketua RT untuk dapat selalu tanggap dalam melayani, kompak dalam memberikan edukasi, membina dan menjaga kerukunan antar penduduknya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik