Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro (kiri) menyerahkan hadiah kepada pemenang Kompetisi Si SEMANGAD, Kamis (30/5/2024). Foto : Eko SR/Kominfo

Singkawang, MC – Ajang Kompetisi Inovasi Seluruh Elemen Perangkat Daerah (SI SEMANGAD) Kota Singkawang Tahun 2024 resmi ditutup. Penentuan 3 proposal inovasi terbaik dari 10 proposal inovasi yang masuk ke tahap final telah diumumkan dalam acara Grand Final SI SEMANGAD yang diselenggarakan di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (30/5/2024).

Dari hasil penilaian dewan juri setelah melewati 2 tahapan seleksi, Juara I SI SEMANGAD Tahun 2024 diraih oleh RSUD dr. Abdul Aziz dengan judul inovasi Sistem Informasi Penyakit Jantung (SI PITUNG). Juara II diraih oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan inovasi Edu Game Learning Innovation, dan Juara III diraih oleh Dinas Perhubungan dengan judul Sistem Informasi Manajemen Penerangan Jalan Umum (Sinar PJU).

Sedangkan untuk Juara Harapan I, II dan III berturut-turut diraih oleh Badan Pendapatan Daerah, UPT Puskesmas Singkawang Utara I, dan Dinas Sosial PPPA.

Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyebutkan kompetisi SI SEMANGAD yang rutin digelar setiap tahun dapat menjadi sebuah ekosistem untuk menjaga semangat kompetisi dan semangat berinovasi di kalangan perangkat daerah.

Selain itu, kegiatan ini juga tentunya diyakini berimplikasi pada salah satu tujuan pembangunan daerah yakni untuk meningkatkan daya saing daerah.

“Terimakasih kepada Bappeda Kota Singkawang beserta jajaran penyelenggara yang telah menghadirkan kegiatan yang bermanfaat ini secara rutin setiap tahun. Dan apresiasi saya sampaikan kepada para peserta yang sudah berpartisipasi menyalurkan ide kreatifnya dalam mengikuti lomba ini,” katanya.

Sumastro berharap agar inovasi-inovasi yang telah diperlombakan tersebut dapat disaring kembali sehingga dapat dikembangkan dan diteruskan dalam kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

“Sebisa mungkin, inovasi-inovasi ini proposalnya disaring kembali. Dipilih lagi yang dirasa bisa dikembangkan untuk diperlombakan lebih-lebih hingga ke tingkat nasional,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Singkawang Siti Kodam Mariana mengatakan dari terdapat 33 unit kerja yang menjadi partisipan pada penyelenggaraan SI SEMANGAD tahun 2024 ini.

Dimana total usulan sebanyak 39 proposal inovasi, dengan usulan terbanyak dari UPT Puskesmas Singkawang Barat II sebanyak 3 proposal diikuti oleh Bappeda, Dinas Kesehatan dan KB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta UPT Puskesmas Singkawang Utara I masing-masing sebanyak 2 proposal.

“Tentunya tahun ini ada peningkatan dari tahun lalu dari jumlah proposal inovasi yang diusulkan, itu menandakan bahwa perangkat daerah di Kota Singkawang semakin bersemangat untuk menghadirkan ide-ide kreatifnya,” ungkapnya.

Siti Kodam mengharapkan, di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi perangkat daerah yang berpartisipasi, serta usulan-usulan yang dikirimkan semakin menarik dan lebih beragam.

“Untuk yang belum menang untuk tidak patah semangat, terus berinovasi dan jangan takut bersaing dari tingkat kelurahan sampai OPD, semoga semakin banyak yang ikut berpartisipasi,” harapnya.

Diakhir kegiatan, para pemenang lomba memperoleh piagam penghargaan dan trofi beserta uang pembinaan yang diserahkan secara langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang didampingi oleh Kepala Bappeda  dan Dewan Juri.

Bid. IKP