Singkawang, MC – Menyemarakkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang menggelar Pawai Taaruf berjalan kaki pada 7 Juli 2024.

Ketua PHBI Singkawang, H. Ruslan Karim mengatakan pawai taaruf tahun ini mengusung tema “Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah”.

Ia mengajak seluruh pengurus masjid/surau, ormas Islam, instansi, majelis taklim, sekolah, TPQ dan seluruh umat Islam di Kota Singkawang menyemarakan Tahun Baru Islam dengan mengikuti pawai taaruf.

“Untuk semaraknya dan lebih bermakna kegiatan pawai taaruf,  kiranya dapat mengirimkan utusan peserta,” katanya, Jumat (5/7/2024).

Setiap Kelompok, kata H. Ruslan dapat mengirimkan peserta minimal 30 orang. Peserta diharuskan berpakaian muslim dan muslimah serta membawa atribut seperti plang nama/spanduk ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1446 H/2024 M.

Peserta juga diharapkan membawa simbol-simbol keislaman seperti onta, gajah, masjid dan lain-lain yang sesuai dengan nuansa Tahun Baru Islam.

“Peserta wajib mengumandangkan shalawat, qasidah dan lagu islami lainnya selama mengikuti pawai. Diperkenankan pula membawa alat tabuh,” ujarnya.

Menurutnya, setiap kelompok peserta yang memenuhi syarat akan dinilai untuk mendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan.

“Setiap peserta akan mendapatkan kupon door prize yang akan diundi setelah pawai selesai. Hadiah yang disiapkan 20 unit mesin cuci, 20 unit magic com, 20 unit kipas angin, dan 10 unit dispenser serta door prize lainnya,”  ujarnya.

Adapun rute pawai taaruf dimulai dari Masjid Raya-Jalan Niaga-Jalan Budi Utomo-Jalan Kurau-Jalan Setia Budi-Jalan Sejahtera-Beringin Corner-Jalan P. Diponegoro-Jalan Yos Sudarso dan finish kembali ke Masjid Raya Singkawang. (Tim)

Bid. IKP/Kominfo

Sumber : PHBI