Singkawang, MC – Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang membuka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pertama (JPTP) di Lingkungan Pemkot Singkawang. 

Sekretaris Daerah kota Singkawang, Sumastro mengatakan terdapat delapan jabatan tinggi pratama yang dibuka pada seleksi JPTP ini. 

“Jabatan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Sosial dan PPPA dan Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan kota Singkawang,” kata Sumastro saat memberikan arahan pada sosialisasi JPTP, Selasa (7/9/2021).

“Kemudian, Direktur RSUD dr. Abdul Aziz Kelas B kota Singkawang, Kepala Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang, Kepala Satpol PP kota Singkawang, dan Kepala Dinas PMTK kota Singkawang. Setiap pelamar hanya dapat mendaftar maksimal pada dua jabatan yang berbeda saja.” tambahnya.

Ia mengatakan Open Bidding ini akan menjaring pejabat eselon II yang betul-betul berkualitas dan berorientasi pada pembaharuan, baik dari sisi teknis dan manajerial. 

“Semoga yang nantinya mengisi JPTP kota Singkawang, siap menghadapi tantangan dan tuntutan kinerja yang ada. Maka, akan terpilih orang-orang terbaik untuk mengisi formasi eselon II di lingkungan Pemerintah kota Singkawang.” ujar Sumastro.

Ia berharap peserta yang akan mengisi JPTP kota Singkawang nantinya adalah pribadi yang siap dengan tantangan dan tuntutan kinerja yang ada.

Sementara, Panitia Seleksi Dr. Hermansyah mengatakan pada tahapan wawancara telah diusulkan untuk bisa disaksikan oleh masyarakat. Pada tahapan ini, nantinya akan disiarkan secara langsung (live streaming) demi transparansi informasi.

“Tahapan wawancara akan disiarkan secara live. Jadi, tidak hanya tim dari panitia seleksi saja yang menyaksikan dan menilai, tapi masyarakat juga bisa melihat kegiatan melalui portal media online. Memang diusulkan seperti ini, supaya penilaian terhadap kompetensi bidang dan kompetensi managerial bisa transparan, akuntabel, dan profesional.” ujar Dr. Hermansyah.

Sebanyak 28 ASN yang memenuhi syarat mengikuti seleksi JPTP di lingkungan Pemkot Singkawang. Pada pelaksanaan seleksi terbuka tiap peserta akan melalui empat tahapan penilaian, yaitu rekam jejak, makalah, assessment, dan wawancara.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik