Singkawang, MC – Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro menyebutkan Bike to Work atau bersepeda ke tempat kerja di lingkungan Sekretariat Daerah mulai rutin dilakukan.

“Bike to Work di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Singkawang rutin dilakukan setiap Hari Selasa,” ungkap Sekda, Selasa (13/9/2022).

Ia mengatakan dari sekitar 90 ASN/Non ASN di lingkungan Sekretariat Daerah, baru 30 ASN dan Non ASN yang menggunakan sepeda ke tempat kerja.

“Tadi pagi, dari sekitar 90an ASN di lingkungan setda, baru 30 ASN yang mengikuti bike to work,” ujarnya.

Kedepan, kata Sumastro pihaknya akan membakukan SOP atau aturan dari program bike to work ini. Diantaranya mobil dan kendaraan dinas roda 2 sedapat mungkin tidak digunakan sehingga program ini benar-benar berkorelasi dgn upaya penghematan BBM dan kurangi polusi udara akibat gas buangan dari kendaraan bermotor.

“Kedepan, akan kita siapkan SOP atau aturan main dari program bike to work ini. Salah satunya mobil dan kendaraan dinas sedapat mungkin tidak digunakan setiap hari selasa,” katanya.

“Kalau setiap Selasa kita mampu mewujudkan “puasa BBM” bagi sebagian saja dari kendaraan dinas yang ada di Kota Singkawang, maka sudah tentu akan  terjadi penghematan riil BBM 1 hari kerja dalam seminggu,” tambahnya.

Ia menuturkan pada kegiatan bike to work ini, pihaknya menyediakan kupon berhadiah tang akan diundi setiap bulannya.

“Di program bike to work ini, Kita siapkan kupon berhadiah yang akan diundi setiap bulan. Semoga Minggu depan lebih ramai lagi yang mengikuti bike to work,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik