Singkawang, MC – Menteri Transportasi Sarawak Malaysia beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kota Singkawang pada Selasa (3/9/2024).

Didampingi Konsulat Jenderal RI-Kuching, Menteri Transportasi Sarawak dan rombongan disambut oleh Pj Sekretaris Daerah Kota Singkawang beserta jajaran di Ruang Rapat Kantor Wali Kota Singkawang.

“Kami mengadakan suatu lawatan kerja resmi, menggunakan jalan darat dari Entikong ke Pontianak. Dan dari Pontianak berkunjung ke Terminal Kijing lalu melanjutkan ke Singkawang. Terimakasih, atas sambutan yang sangat ramah dan juga telah dijemput makan bersama Asosiasi Hakka di sini,” Ucap Menteri Transportasi Sarawak, Dato Sri Lim Kim Shin.

Dato Sri Lim Kim Shin menjelaskan, tujuan lawatan kerja ini selain untuk mempererat hubungan dan semangat kejiranan adalah untuk membangun kolaborasi antar kedua kawasan di Pulau Borneo terutama dalam hal penguatan konektivitas.

“Kolaborasi kita yang telah ada itu penempatan Bus lintas negara Kuching-Singkawang, ini juga tengah kami upayakan agar Bus ini nanti bisa langsung antar pelancong hingga ke terminal Kuching tanpa harus berhenti dan turun di perbatasan, karena memang fungsi konektivitas adalah untuk memudahkan orang untuk keluar masuk,” ujarnya.

Selain konektivitas jalur darat, Dato Sri Lim Kim Shin juga merasa, banyak potensi lain yang bisa dimanfaatkan salah satunya kolaborasi Terminal Pelabuhan Kijing dan Kuching serta pembukaan kembali akses bandara langsung.

Terkait hal tersebut, Dato Sri Lim Kim Shin pun telah meminta secara langsung kepada Gubernur Kalimantan Barat agar mengupayakan untuk membuka kembali akses penerbangan langsung dari Kuching ke Pontianak. Bila terwujud, menurutnya hal ini juga dapat menjadi pemantik harapan sehingga di masa depan juga ada penerbangan langsung dari bandara Singkawang.

“Dari lawatan ini juga ada satu permintaan kami yang sudah disampaikan ke Gubernur, semoga diadakan kembali penerbangan langsung Kuching ke Pontianak. Dan bila perlu di masa depan juga ada penerbangan langsung Singkawang-Kuching seiring dengan kemajuan bandara Kota Singkawang,” harapnya.

Dalam kesempatan ini pula, Dato Sri Lim Kim Shin mengutarakan kekagumannya dengan Kota Singkawang. Ia menilai, kerukunan dan keharmonisan warga Kota Singkawang harus dijadikan contoh teladan yang dapat diterapkan pula di Sarawak.

“Saya memang sangat tertarik dengan Singkawang, ini satu kota yang memang perlu dilakukan kunjungan. Setelah melihat dengan mata sendiri, memang kota ini adalah kota yang penuh keharmonian dan layak disebut kota perpaduan. Semoga apa yang baik di sini bisa kita kongsi bersama. Saya juga mengundang bapak/ibu dari segenap Pemerintah Kota Singkawang untuk melakukan lawatan ke Sarawak dan kami siap menyambut,” tutupnya.

Sementara, Pj Sekda Kota Singkawang Aulia Candra mengatakan Kota memiliki potensi yang besar pada bidang perdagangan dan jasa. Dengan adanya peluang kemajuan dan kolaborasi konektivitas tentu akan semakin memperkuat potensi tersebut.

“Terlebih saat ini, Bandara Singkawang telah selesai diresmikan dan sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan jalan akses utama. Harapannya, sektor pariwisata akan semakin terdorong dengan kemudahan akses ini,” katanya.

“Untuk kelengkapan di terminal dan landasannya juga sudah siap, sekarang memang sedang dalam tahap pembangunan jalan akses utama yang pengerjaannya diperkirakan selesai tahun ini. Harapannya dengan adanya Bandara, terus juga dekat dengan Pelabuhan Kijing maka sektor perdagangan dan jasa dapat semakin terbantu,” tambahnya.

Aulia Candra juga berharap, disela-sela kunjungan kerja ini, rombongan Menteri Transportasi Sarawak dapat mencicipi ragam kuliner yang ada di Singkawang.

“Kota Singkawang juga dikenal dengan kulinernya, jika ada waktu saya harap Bapak/Ibu bisa menyempatkan untuk mencoba ragam kuliner di Singkawang,” pintanya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo