Singkawang, MC – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 H, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bersama Pemerintah Kota Singkawang mengadakan Lomba Hafalan Bacaan Salat Fardu Beserta Terjemahannya yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Jabatan Wakil Walikota Singkawang, Sabtu (19/03/22).

Kegiatan diikuti 30 kelompok peserta yang masing – masing kelompok terdiri dari maksimal 15 orang dari berbagai kalangan usia.

Ketua TP PKK Singkawang Juli Wahyuni mengungkapkan kegiatan bertujuan untuk memahami makna dari bacaan sholat yang mana dapat meningkatkan kualitas ibadah khususnya ibadah Sholat Fardhu. Menurutya, para peserta juga dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang perbaikan hafalan bacaan sholat dalam rangka meningkatkan ketakwan kepada Allah Swt

“Latar belakang diadakannya lomba ialah semangat kita untuk selalu meningkatkan kualitas amal ibadah khususnya sholat fardhu. Semoga kita bisa memahami terjemahannya yang bisa menuntun kekhusyukan dalam salat,” katanya.

Dalam praktiknya, peserta diminta untuk menujukkan kemampuan hafalan bacaan sholat fardhu beserta terjemahannya dengan beberapa indikator penilaian seperti pelafalan, kefasihan bacaan, irama, intonasi, terjemahan bacaan, dan lain sebagainya.

Sementara, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan TP PKK ini. Ia menilai kegiatan ini sebagai inovasi yang bermanfaat dalam memanfaatkan momentum yang pas sehingga mendapat apresiasi dari pemerintah Kota Singkawang dan diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin yang akan diadakan setiap tahunnya.

”Sebelumnya kegiatan ini belum pernah dilaksanakan, oleh karena itu saya pribadi dan tentunya Pemerintah Kota Singkawang sangat mengapresiasi kegiatan ini dan (kegiatan lomba) ini harus dijadikan agenda tahunan,” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik