Singkawang, MC – RSUD Abdul Aziz sudah bisa memberikan layanan medis kepada masyarakat yang mengalami penyakit jantung.

“RSUD Abdul Aziz sudah aktif pelayanan penyakit jantung,” ungkap Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, dr Achmad Hardin Sp.PD, Rabu (27/4/2022).

Saat ini keberadaan dokter spesial penyakit jantung di RSUD Abdul Aziz ini difasitasi bisa melakukan pemeriksaan treadmill, pemeriksaan yang dilakukan guna melihat kinerja jantung selama seseorang melakukan aktivitas fisik. Karena aktivitas fisik dapat membuat jantung memompa lebih keras dan cepat. Pemeriksaan treadmill dapat membantu mengungkapkan adanya masalah aliran darah dalam jantung.

Dalam layanan di RSUD Abdul Aziz juga dapat melakukan Ekokardiografi, pemeriksaan jantung dan pembuluh darah besar dengan menggunakan gelombang suara-ultra.

Selain itu ada juga layanan pemeriksaan jantung dengan Holter. Holter ini memungkinkan gangguan irama jantung anda terdeteksi bahkan menilai aktivitas jantung Anda di bawah aktivitas normal atau berkemungkinan serangan jantung.

Bahkan jika masyarakat terkena serangan jantung juga bisa mendapatkan layanan medis di RSUD Abdul Aziz, dimana nantinya pasien bisa mendapatkan layanan trombolisis, semacam pengobatan darurat untuk melarutkan gumpalan darah yang terbentuk di arteri yang memberi makan jantung dan otak, yang merupakan penyebab utama serangan jantung dan stroke iskemik dan di arteri paru-paru (acute pulmonary embolism). Atau masyarakat dapat mendapatkan layanan Hepalisasi bisa dilakukan.

Meski secara umum saat ini, kata Achamad Hardin, masih sebatas layanan diagnosis belum bisa tahap layanan penyakit jantung intervensi seperti pemasangan ring dan sebagainya. Sehingga jika dilakukan maka pasien masih akan dirujuk ke Pontianak.

“Kedepannya akan kita lakukan peningkatan pelayanan dan fasilitas. Nanti kita usulkan dulu,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik