Singkawang, MC – Jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang dipimpin Pj Sekda Kalbar, Mohammad Bari melakukan Safari Ramadhan 1445 H ke Kota Singkawang, Jum’at (22/3/2024).

Kegiatan diawali buka puasa bersama dengan jajaran Pemkot Singkawang, Forkopimda, Tokoh Agama dan Masyarakat serta sejumlah anak yatim di Swiss Bellin Hotel dan dirangkaikan dengan penyerahan bantuan Pemprov Kalbar kepada Pemerintah Kota Singkawang.

Dalam kesempatan itu, Pemprov menyerahkan bantuan berupa bibit tanaman, sembako dan peralatan sekolah kepada Pemkot Singkawang, yang nantinya akan diserahkan kepada masyarakat Singkawang yang berhak.

Pj. Sekda Kalbar mewakili Pj Gubernur berharap kegiatan ini bisa menambah semarak bulan suci Ramadan serta menjaga kerukunan hidup umat beragama.

Ia mengatakan, pendidikan dan kegiatan keagamaan menjadi salah satu program Pemprov Kalbar dalam meningkatkan kualitas spiritual masyarakat agar tidak mengarah pada pemahaman yang sempit.

“Salah satu program Pemprov Kalbar dalam pembangunan adalah meningkatkan kualitas spiritual masyarakat melalui pendidikan dan kegiatan keagamaan dengan mengajak masyarakat mentaati dan melaksanakan ajaran agama dengan baik dan benar, agar tidak mengarah pada pemahaman yang sempit,” kata Bari.

Menjelang Pilkada serentak November 2024 mendatang, Bari mengingatkan agar masyarakat jangan terpancing isu-isu negatif, sehingga berdampak buruk bagi keamanan dan ketentraman.

Oleh sebab itu, melalui berkah Ramadan Ia berharap masyarakat dilimpahkan kesabaran, agar tidak mudah terpancing isu-isu negatif yang dapat merusak kerukunan dan keharmonisan.

“Mudah-mudahan dengan modal kesabaran yang diraih dari ibadah puasa, masyarakat bisa semakin rukun dan harmonis, jangan terpancing isu negatif. Meski latar belakang etnis dan agama yang berbeda, kita harus tetap jaga persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Senada dengan Pj. Sekda Kalbar, Pj. Wali Kota, Sumastro mengingatkan hubungan bukan hanya pada sesama muslim tapi juga kepada umat agama lain.

Sumastro juga minta saran dan masukan dari Pemprov Kalbar agar bisa dijadikan acuan dalam melangkah ke arah yang lebih baik dalam memajukan Singkawang.

“Lewat Ramadan kita dapat mempererat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah kita dengan sesama umat manusia/anak bangsa. Kami juga minta saran Pemprov, agar bisa kami jadikan langkah ke arah yang lebih baik lagi demi kemajuan Singkawang,” pintanya.

Selepas berbuka Puasa dan Sholat Maghrib, rombongan Safari Ramadhan Pemprov Kalbar melanjutkan ke Masjid Raya untuk menunaikan ibadah sholat Isya, teraweh dan witir berjamaah.

Bid. IKP