Singkawang, MC – Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menjadi sarana bagi seluruh anggotanya untuk dapat berperan aktif dalam mewujudkan tatakelola pemerintahan kota yang baik.

“Apeksi juga telah menjadi wadah untuk membantu memperjuangkan kepentingan Pemerintah Kota di berbagai forum nasional sehingga suara dan aspirasi pembangunan dari setiap Pemerintah Kota dapat lebih diperhatikan,” kata Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Natalia Karyawati mewakili Pj Gubernur, Kamis (17/10/2024).

Ia menyebutkan kota-kota di regional Kalimantan memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya. Namun juga, mempunyai tantangan mulai dari masalah urbanisasi, infrastruktur aksesibilitas, pencemaran lingkungan hingga pelayanan publik yang mesti diperbaiki.

“Untuk itu, melalui Raker Apeksi ini, akan lahir kebijakan-kebijakan yang berdampak positif bagi masyarakat kota, menjalin keharmonisan dalam bermasyarakat, serta memperkuat komitmen bersama untuk membangun kota yang lebih inklusif, ramah lingkungan dan berdaya saing tinggi,” jelasnya.

Natalia Karyawati berpesan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menggunakan hak demokrasinya dengan tetap menjaga suasana aman dan kondusif. Dari forum ini, harapannya para kepala daerah pemerintah kota dapat saling bersinergi menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada di wilayahnya masing-masing.

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, melalui pesta demokrasi yang sehat dan berintegritas bangsa dapat bersatu untuk mencapai tujuan bersama,” tutupnya. (Do)

Bid. IKP/Kominfo