Singkawang, MC – Polres Singkawang telah melakukan pemeriksaan terhadap lima orang saksi terkait adanya informasi hoaks mengenai adanya pasien yang mengalami suspect virus corona di RSUD Abdul Aziz Singkawang beberapa waktu lalu. 

“Informasi itu dinilai telah meresahkan masyarakat, karena seolah-olah di Kota Singkawang sudah ada virus corona yang sangat mematikan tersebut,” kata Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo, Minggu (9/2/2020).

Sehingga, pihaknya melakukan pemeriksaan, lantaran usai kejadian Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana bersama Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang telah membuat laloran terhadap informasi tersebut. 

“Hingga kini kita masih melakukan proses penyelidikan dengan melibatkan saksi ahli, apabila kita sudah mengantongi alat-alat bukti yang cukup, maka kasus tersebut akan kita tingkatkan ke penyidikan,” ujarnya. 

Dia mengungkapkan, pada dasarnya pihak kepolisian sangat mendukung upaya Pemkot Singkawang dalam melakukan upaya antisipasi dan menangkal adanya informasi hoaks di media sosial mengenai virus corona. 

“Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh pengguna media sosial, agar lebih bijak dan cerdas didalam menggunakan media sosial, karena sudah tidak zamannya lagi harus narsis supaya lebih eksis di dunia maya,” ungkapnya. 

Dia mengingatkan, masyarakat dan pengguna media sosial agar lebih jeli dan bijak dalam penggunaan media sosial.

“Jangan menyebarkan berita yang belum pasti kepastiannya. Dan kami tidak akan lelah melakukan Patroli Ciber di media sosial. Jika ditemukan dan ada unsur pidananya maka akan kami lakukan tindakan secara hukum,” jelasnya.