Singkawang, MC – Polda Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar Launching Pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kelurahan Sagatani Kecamatan Singkawang Selatan, Senin (8/7/2019).

Kegiatan turut dihadiri Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono, Bupati dan Walikota se Kalimantan Barat, Kapolres se Kalimantan Barat dan Forkopimda Singkawang.

Acara pelaunchingan ditandai dengan penekanan tombol sirine, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh masing-masing kepala daerah yang ada di Kalbar.

“Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi warga Kota Singkawang, karena sudah dilakukan pelaunchingan pembangunan SPN sekaligus penandatanganan prasasti dari masing-masing kepala daerah yang ada di Kalbar,” kata Didi Haryono.

Pembangunan SPN ini, katanya, untuk memindahkan SPN yang ada di Pontianak ke Singkawang, karena memang lokasi SPN di Pontianak sudah tidak memadai lagi.”Hanya seluas 7000 meter atau tidak sampai 1 hektare,” ujarnya.

Sehingga, untuk melatih serta membentuk seorang anggota Polri maka diperlukanlah wilayah yang cukup luas karena di sekolah tersebut akan ada pelatihan-pelatihan lainnya.

Menurutnya, pemindahan SPN ke Singkawang tentu banyak aspek strategis yang akan dicapai. Pertama, menindaklanjuti kebijakan Bapak Presiden RI, Joko Widodo yang menginginkan agar pembangunan dimulai dari daerah pinggiran.

“Jika dilihat lokasi SPN di Singkawang ini memang berada di pinggiran karena jaraknya sangat jauh dari kota,” ungkapnya.

Kedua, membangun SDM untuk menjadi anggota Polri.

Menurutnya, pemindahan SPN yang dilakukan juga sudah sejalan dengan program Bapak Gubernur Kalbar, Sutarmijdi yang juga menginginkan agar membangun daerah dari pinggiran, yang nantinya akan berdampak pada infrastruktur jalan lainnya.

Sehingga, peluang-peluang itu memang baik dilakukan khususnya di Kota Singkawang. “Tidak gampang bagi kita untuk mencari lokasi untuk pembangunannya, yang mana awalnya hanya hutan. Jadi tolong kepada media untuk disampaikan ke warga, bahwa SPN Singkawang sudah ada dan sudah dilaunching pembangunannya,” pintanya.

Menurutnya, pembangunan SPN saat ini sudah mengeluarkan anggaran kurang lebih Rp117 miliar dan ditargetkan selesai pada tahun 2020.

“Saya berharap pembangunan SPN di Singkawang ini bisa memberikan dampak yang positip bagi masyarakat Singkawang dan sekitarnya,” tuturnya.

MC. Kota Singkawang