Singkawang, MC – Balai Sarana Dan Prasana Pemukiman Wilayah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Lokakarya dan Evaluasi Kinerja Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Pokja PKP) kota Singkawang di Balairung, Selasa (7/12/2021). Kegiatan yang dibuka Wali Kota Singkawang itu bertujuan untuk mengatasi sejumlah kawasan kumuh dalam rangka pemantapan program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Wali Kota Tjhai Chui Mie berharap agar kinerja bidang-bidang dalam Pokja PKP semakin optimal sehingga pencapaian target kinerja dapat terwujud sesuai dengan timeline yang telah disusun.

“Melalui kegiatan ini, pemerintah bisa mengevaluasi kinerja Pokja PKP sehingga kedepannya anggaran-anggaran dari pusat yang disusun dan dirancang oleh Bappeda Kota Singkawang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya yang berada di wilayah kumuh. Sehingga, wilayah yang tadinya kumuh menjadi bagus, bersih, dan sehat. Wilayah tersebut pun menjadi lokasi yang layak huni,” ujarnya.

Ia menilai peran penting Pokja PKP berfungsi untuk meningkatkan kualitas dokumen perencanaan, mendorong kelengkapan regulasi dan kebijakan daerah, serta mengoptimalisasikan pendanaan dalam penyelenggaraan bidang perumahan dan kawasan pemukiman.

Pada kesempatan itu, Tjhai Chui Mie meminta agar semua Ketua RT di tiap Kecamatan se-kota Singkawang untuk terus mendata lokasi-lokasi pemukiman warga yang masih terbilang kumuh.

“Saya lihat ada sebagian kecil Ketua RT yang tidak mengerti tugas pokok dan fungsi mereka sebagai RT. Sebagai bagian dari pemerintah, Ketua RT dapat mengumpulkan segala aspirasi warga di lingkungan RT dan dikomunikasikan ke pemerintah. Kemudian upayakan kebutuhan warga di wilayah mereka atas aduan-aduan dari masyarakat di wilayah mereka masing-masing,” ujarnya.

Ia pun tidak menutup mata dengan kinerja Ketua RT yang telah menjadi mitra pemerintah. Ia mengapresiasi Ketua RT yang telah berinisiatif dan bekerja keras mengadakan vaksinasi Covid-19 di wilayah RT-nya.

“Saya juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada beberapa Ketua RT yang sudah menunjukkan kinerja yang luar biasa dengan membangun komunikasi yang baik dengan Kelurahan. Bahkan, saya hargai inisiatif beberapa Ketua RT yang telah menyediakan rumahnya sebagai lokasi vaksinasi Covid-19. Tentunya, ini adalah salah satu bentuk pekerjaan mulia dan pengabdian masyarakat yang luar biasa,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik