Singkawang, MC – Kegiatan Pengenalan Lapangan dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan wadah untuk dapat membentuk pengalaman dan sikap kepedulian terhadap lingkungan pendidikan dan masyarakat melalui keterlibatan pengabdian secara langsung.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Singkawang Sumastro pada kegiatan Penarikan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)-2 dan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Bagi Mahasiswa di Lingkungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP-PGRI) Pontianak Tahun Akademik 2023/2024 di Kota Singkawang yang dilaksanakan di Ruang Bumi Bertuah Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (18/12/2023).

Kegiatan PLP-2 dan KKM ini telah dilaksanakan selama kurang lebih empat bulan mulai dari 24 Juli hingga 3 Desember kemarin. Sebanyak 22 mahasiswa-mahasiswi IKIP-PGRI Pontianak ditempatkan di lima SMP Negeri Kota Singkawang diantaranya SMP 1, SMP 2, SMP 4, SMP 5 dan SMP 7.

“Harapannya mahasiswa ini sebagai persiapan menyambut periode bonus demografi, melalui calon tenaga pendidik masa depan inilah untuk menuju Indonesia emas 2045.” katanya.

Sumastro berpesan agar mahasiswa PLP ini dapat menjadi pribadi yang kritis namun tetap beretika dan tidak melampaui batas serta menjauhi sikap intoleransi. Mampu menyegerakan kelulusan guna menyambut berbagai peluang yang akan menanti pasca kelulusan.

“Jangan berlama lama, segerakan kejar kelulusan agar dapat menyambut berbagai peluang yang menanti pasca kelulusan. Dan semoga menjadi SDM Indonesia yang membanggakan.” pesannya.

Sumastro juga berharap, pada PLP dan KKM di masa mendatang dapat diupayakan program yang mampu bersinergi dan berkontribusi dalam pemberdayaan pencegahan dan penanganan stunting.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor I IKIP PGRI Pontianak Aunurrahman menyebutkan PLP-2 KKM ini merupakan rangkaian terakhir kegiatan praktik mahasiswa untuk mengenal lingkungan sekolah dan praktik mengajar.

“Semoga bimbingan dan pengalaman yang didapat oleh anak-anak kami selama melakukan kegiatan PLP-2 dan KKM ini dapat menjadi bekal yang bermanfaat dikemudian hari.” jelasnya.

Aunurrahman juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Singkawang beserta jajaran yang telah menerima mahasiswa IKIP PGRI melaksanakan program PLM dan KKM. Semoga kerjasama dan sinergii ini dapat terus dipertahankan dan dikembangkan secara berkelanjutan.

“Terimakasih atas sinergitas dari Pemkot Singkawang, dalam bentuk penerimaan hingga penarikannya pada hari ini, semoga kerjasama ini dapat terus berkelanjutan dan harapannya IKIP PGRI Pontinak dapat melahirkan tenaga pendidik kompeten yang juga nantinya bisa berkonribusi bagi kemajuan pendidikan di Kota Singkawang.” harapnya.

Bid. IKP