Singkawang, MC – Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro melantik pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Selasa (16/1/2024) malam.

Adapun pejabat yang dilantik sebanyak 29 orang yang terdiri dari 1 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, 11 orang Pejabat Administrator, dan 17 orang Pejabat Pengawas.

Dalam sambutannya, Sumastro mengatakan pelantikan ini merupakan hasil evaluasi kinerja dan pemenuhan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Singkawang.

“Pada kesempatan ini merupakan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Pemerintah Kota Singkawang, khususnya di dua OPD yang semulanya satu kita mekarkan menjadi BPKAD dan Bapenda.” ucapnya.

Sumastro menyebut, keduanya ini merupakan OPD yang sangat vital dan kritis dalam mengelola keuangan, aset dan pendapatan daerah untuk kebaikan tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan.

“Kita harus bekerja keras, prudence dan clean and clear dengan pemekaran entitas BKD ini , semoga tidak berdampak kepada pelayanan rutin siklus keuangan. Terutama memastikan pembayaran gaji, tunjangan dan hal-hal keuangan lainnya tidak terlambat.” jelasnya.

Sumastro menegaskan kepada pejabat BPKAD, dalam menjaga keseimbangan keuangan daerah serta mengelola aset yang efisien. Tidak hanya pengelolaan anggaran dengan bijak, tetapi juga optimalisasi pemanfaatan aset daerah untuk mendukung program pembangunan yang telah kita tetapkan.

“BPKAD harus mampu memastikan setiap anggaran dialokasikan untuk program strategis yang berdampak positif. Memberikan pelaporan yang akurat dan transparan guna membangun kepercayaan masyarakat.” tegasnya.

Sedangkan untuk Bapenda, Sumastro berpesan untuk selalu berperan aktif sebagai garda terdepan dalam menciptakan keadilan dan keberlanjutan finansial bagi Kota Singkawang. Memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lingkungan yang mendukung investasi.

“Terus kembangkan diri dan memperkaya pengetahuan tentang regulasi pajak. Senantiasa berinovasi dalam mencari cara-cara baru untuk meningkatkan pendapatan daerah demi kemakmuran Kota Singkawang.” sambungnya.

Sumastro berharap, dengan penataan kedua OPD ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kontribusi nyata yang signifikan bagi kemajuan pembangunan daerah di Kota Singkawang.

“Terimakasih untuk dedikasi yang telah dilakukan sebelumnya dan selamat atas pelantikannya. Saya percaya saudara yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.” tutupnya.

Bid. IKP